Cerita memulai Usaha Bengkel



Kala itu pak tohari duduk termenung, keahlian sebagai mekanik beberapa tahun seakan jauh dari harapan. Hal ini di karenakan pak tohari kena PHK Karena usaha bengkel mobil tempatnya bekerja bangkrut karn hutang yang menggunung.

Cerita-Usaha-Bengkel-motor
Tiba-tiba datang bang ali, membuyarkan lamunan pak tohar.

“ada apa ini pak tohar, ko termenung aja, ada sesuatu yang membuat kau galau??” Tanya mas ali.
“emh…. Iah mas, saya lagi ada masalah. Baru saja saya di pecat dari pekerjaan saya. Bengkel tempat saya bekerja bangkrut mas ” jawab pak tohari.


Mas ali pun memberi motivasi pada untuk mendirikan bengkel usaha motor bengkel usah mobil.

 

“wah pak, betul di sayangkan bengkel tersebut berhenti Karena bangkrut, padahal prospeknya bagus lho pak. usaha  melakukan usaha perbaikan mobil dan/atau usaha bengkel sepeda motor agar dapat kembali berjalan dengan baik sesuai dengan keinginan pemilik atau bentuk asli dari mobil atau sepeda motor tersebut. Dalam usaha ini, mobil atau sepeda motor yang diperbaiki dapat menggunakan bahan (spare parts) baru atau bahan yang ada dengan melakukan penyesuaian agar mobil atau sepeda motor dapat berjalan dengan baik. Lha ne bayangan saya kalau tiap rumah mempunyai sati sepeda, bisa di bayangkan keuntungan kita per bulannya”
“ya mas, saya juga sudah tahu. Lha itu apa hubugannya dengan saya??” Tanya pak tohari.
“Lha jelas ada toh pak,ini berhubungan dengan keahlian bapak. ”

Lalu mas ali melanjutkan

Cerita-Usaha-Bengkel-Mobil
“Usaha bengkel membutuhkan satu mekanik yang cukup andal dengan pengalaman sekitar 10 tahun agar bisa memberikan instruksi kepada beberapa pembantu mekanik yang mulai belajar perbaikan mesin. Mekanik senior ini harus dibantu satu mekanik yang lebih muda pengalamannya sebagai pengganti mekanik senior ketika ada pelanggan lain datang, yang dikenal sebagai asisten supervisor mekanik.
Kedua mekanik ini harus bisa bekerja sama untuk keharmonisan usaha bengkel serta instruksi yang baik kepada mekanik yunior. Bila pemilik dana ingin membuat bengkel yang besar, kedua mekanik sangat dibutuhkan. Namun, bila pemilik dana ingin membuat bengkel kecil, hanya satu mekanik senior atau asisten supervisor mekanik saja yang diperlukan.

Karena mekanik ini sangat berperanan dalam rangka kelangsungan usaha, pemilik dapat melakukan profit sharing atas keuntungan yang diperoleh. Artinya, pemilik dana harus transparan dalam pendapatan yang diperoleh. Transparansi tersebut sangat penting supaya para mekanik ini mempunyai kepuasan bekerja.”
“weleh-weleh, ternyata pekerjaan saya sangat mebantu seklai sebgai mekaik di tempat yagn ddulu. Jadi semangat bekerja lagi nih. Bisa di katakana sebagai mekanik seior nih aku” imbuh pak tohari.
“tapi perlu di ingat, di sisi lain juga ada investor yang memerluka jasa kita. Iitnya kita di sini sama-sama menguntungkan lha” 

Kemudian mas ali menjelaskan sesuatu

“mekanik ini sangat berperanan dalam rangka kelangsungan usaha, pemilik dapat melakukan profit sharing atas keuntungan yang diperoleh. Artinya, pemilik dana harus transparan dalam pendapatan yang diperoleh. Transparansi tersebut sangat penting supaya para mekanik ini mempunyai kepuasan bekerja.
Pemilik dana juga perlu mendapatkan tingkat pengembalian dana yang dimiliki secara baik agar dipergunakan pada usaha lain untuk lebih bagus. Biasanya, dana yang diperoleh dengan tidak baik caranya akan mempunyai pengaruh negatif di kemudian hari, yaitu usaha yang dibuka dengan dana itu tidak akan berhasil.”

Kemudian muncul pertanyaan tentang usaha bengkel dari pak tohari


“lha, bagaimana mas untuk memulai usahanya??”
Sambil mengrenyiatkan mata, mas ali memberikan penjelasan  

“Ini pak selanjutnya rinciannya biayayagn bisa di gunkan, Biaya yang dikeluarkan untuk tenaga mekanik senior ini minimum sekitar Rp 1,5 juta per bulan ditambah dengan uang makan dan transpor Rp 20.000 per hari. Tenaga asisten mekanik senior berkisar Rp 750.000 sampai dengan Rp 1 juta per bulan ditambah dengan uang makan dan transpor sekitar Rp 15.000 per hari. Sedangkan tenaga mekanik yunior mempunyai upah sekitar Rp 400.000 sampai dengan Rp 750.000 per bulan ditambah uang transpor dan uang makan sebesar Rp 15.000 per hari. Besaran gaji masih bisa dinegosiasikan terkecuali uang makan dan transpor.”
Pada akhirnya

Semangat pak tohari seakan semakin menyala sambil menyambar tangan mas ali,dia berkata,"terimakasih mas atas sarannya, saya sekarang sudah mempunyai semangat lagi untuk berkarya unutk mendirikan bengkel usaha sendiri."

 

ini ada sedikit video mengenai cara unutk membuka bisnis bengkel mobil :