Fitur Dan Moderasi Blogger

Beberapa Panduan Blogger

1. Bagaimanakah cara menggunakan domain ubahsuaian di blog saya?
Bila Anda tidak suka blogspot.com tercantum pada alamat blog, Anda bisa mendapatkan domain Anda sendiri. Kami akan terus menginangi semua konten Anda seperti sebelumnya, tetapi konten tersebut akan ditampilkan pada alamat yang baru. Ada tiga komponen untuk menyiapkan alamat domain baru:

Domain Anda
Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih nama domain, seperti www.situsku.com dan mendaftarkannya. Anda dapat mendaftarkan nama domain pada salah satu dari antara berbagai pencatat domain.

Setelan DNS
Berikutnya, Anda harus membuat data CNAME untuk domain Anda dengan DNS yang mengaitkan domain Anda dengan ghs.google.com. Prosedur yang tepat untuk melakukan hal ini bervariasi bergantung pada pencatat domain Anda, jadi hubungi langsung pencatat Anda dan mereka pasti dapat membantu Anda. Harap bersabar, karena data DNS yang baru mungkin tidak langsung berlaku.

Setelan Blogger
Pada tahap ini, server DNS mengetahui cara mengarahkan orang ke Google saat mereka ingin melihat blog Anda, jadi kami harus memastikan Google mengaitkan blog yang tepat dengan domain Anda. Anda melakukan hal ini di tab Setelan | Pemublikasian untuk blog Anda di Blogger. Jika Anda memublikasikan di Blogspot, Anda akan melihat tautan dekat bagian atas yang menawarkan untuk mengalihkan Anda ke domain ubahsuaian. Lanjutkanlah dan klik tautan tersebut. Setelan Alamat Blogspot sekarang diubah ke Domain Anda. Isilah domain yang Anda daftarkan pada awal proses ini, lalu simpan setelan Anda.

Perhatikan:
  • Bila domain baru Anda tidak mengarah ke blog Anda, tunggulah sehari atau dua hari, untuk memastikan semua server DNS telah diperbarui. Jika domain tetap tidak berfungsi, hubungi pencatat Anda untuk memastikan setelan DNS yang Anda masukkan benar.
  • Alamat Blogspot asli Anda akan diteruskan secara otomatis ke domain yang baru. Dengan demikian, semua tautan atau bookmark ke situs Anda yang ada akan tetap berfungsi.
  • Anda dapat menggunakan fitur ini dengan domain (mis. www.situsku.com) atau subdomain (mis. nama.situsku.com). Namun, Anda tidak dapat mencantumkan subdirektori (mis. situsku.com/blog/) atau karakter pengganti (mis. *.situsku.com). 
2. Di mana saya dapat membeli nama domain ubahsuaian untuk blog saya?
Cara termudah adalah dengan membeli dari kami melalui tab Setelan | Pemublikasian. Namun, Anda dapat membeli dari banyak perusahaan yang menawarkan nama domain, biasanya dengan biaya tahunan yang terjangkau. Penelusuran Google untuk pencatat domain akan memunculkan banyak sekali opsi. Anda juga dapat mempertimbangkan daftar ini:
3. Bagaimanakah cara memoderasi komentar di blog?
Anda dapat menemukan setelan moderasi komentar pada tab Setelan | Komentar. Setelan tersebut hanya berupa opsi ya/tidak. Dengan memilih "ya" untuk opsi ini, Anda akan diberi ruang untuk memasukkan alamat email dan selanjutnya Anda dapat memoderasi komentar melalui email. Perhatikan bahwa apa pun setelan yang Anda pilih, Anda dapat selalu memoderasi komentar melalui antarmuka Blogger.
Semua komentar yang masuk kini ada di laman "Menunggu Moderasi" khusus yang dapat ditemukan pada tab Komentar. Pada laman ini, Anda akan melihat daftar semua komentar yang telah dibuat tetapi belum disetujui atau ditolak. Daftar ini tidak termasuk komentar yang dibuat oleh anggota admin blog. Setiap baris di daftar tersebut menampilkan bagian awal komentar, nama penulis, dan waktu pembuatannya. Anda dapat mengeklik kotak di samping komentar dan memutuskan apakah ingin memublikasikan komentar, menghapusnya, atau menandainya sebagai spam.

Keseluruhan proses ini juga dapat dilakukan melalui email. Jika Anda memasukkan alamat email untuk moderasi, Anda akan mendapatkan pesan untuk setiap komentar yang berisi tautan "Publikasikan" dan "Tolak", serta tautan ke laman moderasi utama untuk blog. 

4. Apakah itu umpan situs dan bagaimanakah cara mengaktifkannya untuk blog saya?
Mengaktifkan setelan umpan situs untuk blog memungkinkan penulis menyatukan konten mereka dengan mudah kepada dunia. Dengan mengaktifkan umpan situs, pembaca selanjutnya dapat berlangganan pembaruan terkini untuk blog tersebut dengan menambahkan umpan ke pembaca umpan favorit mereka. Sebagai penulis blog, Anda dapat memutuskan apakah cuplikan ini akan berupa beberapa baris pertama entri Anda, entri lengkap, atau hanya sampai batas pos, bila Anda menggunakannya. Bawaan pada blog semestinya adalah umpan situs diaktifkan dan semua pelanggan akan menerima pembaruan yang lengkap. Jika umpan situs Anda belum diaktifkan, buka tab Setelan | Umpan Situs. Di sini, Anda akan diberikan satu opsi sederhana untuk memilih berapa banyak konten yang ingin Anda satukan. Opsi "Tak satu pun" menonaktifkan umpan situs Anda secara keseluruhan. 

6. Mengapa ada verifikasi kata pada formulir pengeposan?
Verifikasi kata pada formulir pengeposan dimaksudkan sebagai mekanisme pengurangan spam untuk Blogspot secara umum. Ada dua kemungkinan penyebab:

Spam Potensial
Dalam kasus ini, sistem yang diotomatiskan menerapkan verifikasi kata pada blog tertentu yang berpotensi sebagai spam. Kami selalu berupaya menyempurnakan sistem ini untuk mencegah kesalahan pelabelan pada blog sungguhan. Adanya verifikasi kata pada formulir pengeposan tidak akan mencegah Anda untuk melakukan publikasi dan tidak berarti bahwa blog akan dihapus atau dihukum jika blog tersebut sebenarnya tidak melanggar kebijakan kami. Untuk menghindari ketidaknyamanan lebih lanjut pada saat pemublikasian, klik ikon "?" di samping verifikasi kata pada formulir pengeposan Anda. Dengan demikian, Anda akan diarahkan ke laman tempat Anda dapat meminta agar blog ditinjau. Kami akan meminta seseorang untuk meniliknya, memverifikasi bahwa blog tersebut bukanlah spam, lalu menonaktifkan persyaratan verifikasi kata dari blog Anda.

Jumlah Pengeposan yang Banyak
Jika Anda membuat entri dalam jumlah besar dalam sehari, Anda diharuskan mengisi verifikasi kata untuk tiap-tiap entri, terlepas dari apakah blog telah dinyatakan bebas dari spam potensial atau tidak. Bila hal ini yang terjadi, cukup isi verifikasi kata untuk setiap entri atau tunggu 24 jam, setelah itu verifikasi kata akan dihapus secara otomatis. Pembatasan ini diberlakukan untuk mengontrol muatan pada server kami dan mencegah hal yang jelas merupakan spam. 

7. Dapatkah saya menggunakan pintasan keyboard sewaktu mengeposkan?
Blogger memiliki beberapa pintasan keyboard yang dapat digunakan sewaktu mengedit entri. Pintasan keyboard benar-benar berfungsi di Google Chrome, Internet Explorer 8+, dan Mozilla Firefox 3+, dan mungkin berfungsi pada peramban lainnya. Berikut pintasan tersebut:
control + b = Menebalkan
control + i = Memiringkan
control + l = Blockquote (khusus saat berada pada modus HTML)
control + z = Mengurungkan
control + y = Mengulangi
control + shift + a = Menautkan
control + shift + p = Pratinjau
control + d = Menyimpan sebagai Draf
control + s = Memublikasikan Entri
control + g = Transliterasi bahasa Hindi
   
8. Apakah itu tombol "Flag"?
Fitur ini disebut "Panjikan Sebagai Hal Yang Tidak Pantas" dan dapat diakses melalui bilah navigasi Blogger. Tombol "Panjikan?" memungkinkan komunitas blog menandai konten yang meragukan dengan mudah, yang akan membantu kami dalam mengambil tindakan yang diperlukan. Saat pembaca mengeklik "Panjikan?" di bilah navigasi Blogger, berarti mereka yakin bahwa konten blog berpotensi menyinggung atau ilegal. Kami melacak frekuensi blog dipanjikan sebagai hal yang tidak pantas dan menggunakan informasi ini untuk menentukan tindakan apa yang perlu dilakukan. Pengguna dapat mengeklik tombol ini untuk kedua kalinya guna membatalkan pemanjian.

9. Apakah itu opsi verifikasi kata?
Opsi verifikasi kata dapat ditemukan pada tab Setelan | Komentar untuk blog Anda. Jika Anda memilih "ya" untuk setelan ini, maka orang yang meninggalkan komentar pada blog Anda akan diwajibkan melengkapi langkah verifikasi kata, serupa dengan yang diberikan saat Anda membuat blog. Mengaktifkan opsi ini mencegah sistem otomatis menambahkan komentar ke blog Anda, karena hal ini mengharuskan orang sungguhan untuk membaca kata dan melewati tahapan ini. Jika Anda pernah menerima komentar yang terlihat seperti iklan atau tautan acak ke situs yang tidak terkait, maka Anda telah menerima spam komentar. Banyak dari hal ini dilakukan secara otomatis oleh perangkat lunak yang tidak dapat melewati verifikasi kata, sehingga mengaktifkan opsi ini adalah cara yang baik untuk mencegah berbagai komentar yang tidak diinginkan.

10. Bagaimanakah cara menghapus blog?
Untuk menghapus seluruh blog, buka tab Setelan | Dasar. Benar-benar pastikan bahwa Anda membuka blog yang tepat dan bahwa Anda ingin menghapus blog tersebut secara permanen dari akun Anda. Lalu klik "Hapus Blog Ini". Semuanya akan dihapus, kecuali foto yang telah Anda unggah ke blog. Foto tersebut akan tetap ada di album Picasa, yang dapat Anda akses dengan mengunjungi picasaweb.google.com.

11. Bagaimanakah cara membatalkan akun?
Untuk menghapus Akun Google, yang akan menghapus blog, silakan masuk ke beranda Akun Google. Lalu klik "Edit" di samping daftar "Produk Saya", kemudian Anda akan diarahkan ke laman tempat Anda dapat menghapus akun. Perhatikan bahwa jika akun dihapus, semua layanan Google yang terkait dengan akun tersebut, seperti profil orkut, laman iGoogle, dan blog Blogger Anda juga akan ikut terhapus.