Info Tips dan trik Menjawab Soal USM STAN Lengkap


 Info Tips dan trik Menjawab Soal USM STAN Lengkap, Seleksi masuk STAN 2013, Sekolah Tinggi Akuntansi negara, Test Masuk STAN, Kumpulan Soal-soal Sukses USM STAN


Info Tips dan trik Menjawab Soal USM STAN Lengkap - USM STAN 2013 - Cara Masuk USM STAN  - USM STAN merupakan Ujian Saringan Masuk STAN yang merupakan pintu utama untuk duduk di kampus Ali Wardhana. Peserta USM STAN tiap tahun sangat banyak, setiap tahunnya pasti ada peningkatan berapa persennya.

Didalam tahapan USM STAN tiap tahun bisa saja berubah-rubah. peserta USM STAN harus melewati beberapa seleksi, diantaranya seleksi administrasi, tes tertulis, tes kesehatan dan kebugaran, serta Psikotes/ wawancara. Hal ini menandakan bahwa seleksi untuk menjadi mahasiswa STAN tiap tahunnya semakin ketat dan tentu saja semakin berat untuk dijalani.

Untuk memulai pendaftaran, tentu saja Anda harus punya persiapan yang matang dan niat serta selalu bedoa kepada tuhan yang maha kuasa. Karena jika persiapan Anda pas-pasan atau kurang, kemungkinan hasilnya juga bakal seperti itu tidak seperti yang kita harapkan. Jadi Anda harus mempersiapkan diri anda sebelum anda mengikuti seleksi USM STAN tersebut. Agar Anda bisa siap mental dan ilmu untuk ikut bersaing merebut satu kursi yang telah disediakan oleh kampus STAN. Pada kesempatan ini saya akan mencoba berbagi Tips dan Trik mengikuti seleksi USM STAN.


Sebelum anda mendaftar tentunya anda sudah harus mempunyai persiapan yang matang. Persiapan tersebut saya bagi menjadi enam tahap yaitu sebelum pendaftaran dibuka, saat pendaftaran dibuka, saat memulai pendaftaran, seleksi Administrasi, menjelang tes tertulis, menjelang tes kesehatan maupun psikotes/ wawancara.

1. Persiapan Sebelum Pendaftaran
Sebelum anda mendaftar tentunya anda sudah harus mempunyai persiapan yang matang. Persiapan tersebut bisa kita bagi menjadi dua, yaitu persiapan mental dan ilmu pengetahuan. Persiapan Fisik dan Mental. Persiapan Mental tentu saja sangat penting. Selain agar Anda tenang dalam menjawab soal, Anda juga akan kuat dan tabah menerima hasil yang akan Anda dapatkan nantinya. Untuk memantapkan persiapan ini. 

Anda sebaiknya lebih mendekatkan diri pada Tuhan dan meminta dukungan pada keluarga, terutama kepada orang tua. Selain karena doa orang tua mujarab, orang tua juga akan selalu siap membantu jika ada masalah atau kesulitan nantinya. Anda juga harus menjaga kesehatan dan Kebugaran. Pastikan bahwa Anda siap untuk mengikuti seluruh tahapan tes, terutama pada tes Kesehatan dan Kebugaran, Yang paling utama adalah pastikan bahwa Anda tidak Buta warna.

Persiapan Ilmu Pengetahuan
Persiapan Ilmu Pengetahuan ini adalah yang paling penting. Karena ini merupakan senjata utama yang harus Anda miliki untuk mejawab semua Soal USM. Persiapan yang harus anda miliki adalah :
  • Anda harus memiliki soal-soal USM STAN minimal 5 tahun terakhir.
  • Anda harus sudah mengerti konsep soal dan tekhnik penilaian
  • Sebaiknya anda mengikuti Bimbingan Belajar, agar Anda mempunyai wadah untuk bertukar pikiran dan berbagi pengalaman secara langsung dengan mahasiwa

2. Persiapan Saat Pendaftaran telah Dibuka
Persiapan yang ini sangat penting untuk memulai perjuangan Anda. Persiapan ini untuk mengikut seleksi tahap pertama yaitu seleksi Administrasi. Persiapan yang sebaiknya telah anda miliki adalah :
  • Anda sudah tahu alamat link untuk mendaftar secara online.
  • Anda sudah mengerti dan paham tentang berkas apa saja yang harus dipenuhi.
  • Anda Sudah menyiapkan uang untuk biaya pendaftaran biasanya Rp. 150.000
3. Saat Mendaftar USM STAN
Saat Mendaftar secara online Anda harus ekstra hati-hati tentunya harus teliti dengan sebaik mungkin, cek dengan baik nomor ijazah atau nomor lain. Jangan sampai nomor yang Anda masukkan beda dengan nomor berkas yang Anda kirim nantinya. Hali ini juga berlaku dengan yang lain, baik nama, alamat dan semacamnya. Kendala yang biasa terjadi saat pendaftaran secara online adalah lambatnya koneksi. Jangan sampai saat Anda telah mengonfirmasi pendaftaran, koneksi Anda tiba-tiba mati. 

Untuk menghindari hal buruk seperti itu, pastikan Anda telah mempunyai koneksi internet yang cepat. Pendaftaran secara bersamaan juga bisa memperlambat koneksi. Saran untuk mengantisipasi ini adalah sebaiknya Anda mendaftar pada jam-jam yang Anda perkirakan pendaftar yang mengakses sedikit, misalnya dini hari. Setelah Anda Mendaftar, akan muncul Bukti Pendaftaran Sementara. Bukti tersebut anda print out sebagai pegangan Anda dan nanti akan Anda tukarkan saat pengambilan bukti pendaftaran yang Sah.

4. Persiapan Seleksi Administrasi
Sebelum Anda memasukkan berkas ke dalam amplob untuk dikirm ke alamat yang telah ditentukan. Anda harus telah memastikan semuanya lengkap dan sesuai dengan persyaratan berkas yang diminta. Jangan sampai ada yang kurang satu pun, atau ada yang salah tulis atau semcamnya. Seleksi berkas ini lumayan ketat, jadi apabila berkas Anda bermasalah, Panitia dengan mudah akan menyingkirkan berkas Anda. 

Jangan sampai usaha Anda sia-sia karena kurang teliti atau kurang hati-hati. Setelah Anda mengirimkan berkas, Anda sebaiknya menyimpan bukti pengiriman, jika perlu ada foto copy sebagai arsip Anda. Hal ini sekedar untuk berjaga-jaga, apabila ada masalah nantinya. Dan pastikan Anda belum mentransfer biaya pendaftaran sebelum Anda dinyatakan lulus berkas.

5. Persiapan Tes Tertulis
Menjelang hari H, pastikan Anda sudah menguasai semua tipe-tipe soal yang akan keluar nantinya pada saat Test. Anda bisa memprediksikan sendiri tipe soal apa saja yang akan keluar nantinya. Caranya dengan membandingkan soal USM dari tahun ke tahun. Tipe soal yang paling sering anda temukan, kemungkinan besar akan muncul lagi pada seleksi USM STAN tahun ini. Sebelum Anda memasuki ruangan Ujian, Pastikan perlengkapan yang Anda butuhkan sudah siap, misalnya pensil, penghapus, pengkorok pensil, atau semacamnya. Sebaiknya Anda juga mempersiapkan Tissue, karena biasanya saat kita tegang atau berfikir sesuatu, kita keringat dan tangan basah, jangan sampai keringat itu mengotori lembar jawaban Anda.

Cara menghitung nilai USM STAN, atau cara penilaian USM STAN yaitu, jika jawaban anda benar maka akan mendapat poin 4, tidak menjawab berarti 0, dan apabila salah poin Anda -1. Jika berdasar pada sistem tahun lalu, Tes tertulis dibagi menjadi dua Soal yaitu TPA (Tes Potensi Akademis) dan Bahasa Inggris dengan jumlah soal 180 dengan alokasi waktu 150 menit. Tiap Bagian mempunyai batas Nilai Mati, Jika jawaban benar Anda dibawah 1/3 dari total soal, itu artinya Anda memiliki nilai mati, dan secara otomatis Anda tidak akan lulus. Jadi pada saat menjawab, kerjakan terlebih dahulu 40 soal (1/3 x 120) untuk tes TPA yang Anda yakin benar. Kemudian Lanjut kerjakan 20 soal (1/3 x 60) untuk tes Bahasa Inggris yang paling benar menurut Anda. Setelah itu kerjakan soal yang belum selesai. Usahakan kerjakan soal sebanyak mungkin yang Anda yakin itu benar. Karena Persaingan untuk masuk ke STAN sangat berat. Sehingga jika hanya menjawab diatas nilai mati saja, itu tidak cukup menjamin kelulusan Anda.

6. Tes Kesehatan dan Psikotes/ Wawancara
Untuk tes ini yang ada butuhkan adalah ketenangan, Tubuh yang sehat, dan mental yang kuat. Sebelum mengikuti tes kesehatan, jangan lupa sarapan yang cukup, minum susu jika perlu, yang paling penting jangan begadang. Hal serupa juga berlaku untuk psikotes/ Wawancara.


Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai Info Tips dan trik Menjawab Soal USM STAN Lengkap. semoga anda semuanya yang mengikuti USM STAN Setiap Tahunnya bisa berhasil sesuai dengan yang di inginkan oleh kata hati anda masing-masing. Sekian dan Terima Kasih. Sukses Kawan...


Sumber dari berbagai Sumber