Hari Sumpah Pemuda



SOEMPAH PEMOEDA

Pertama:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGAKOE BERTOEMPAH DARAH JANG
SATOE, TANAH AIR INDONESIA
Kedua:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA, MENGAKOE BERBANGSA JANG SATOE, BANGSA INDONESIA
Ketiga:
KAMI POETRA DAN POETRI INDONESIA MENGJOENJOENG BAHASA PERSATOEAN, BAHASA INDONESIA

Djakarta,28 Oktober 1928


begitulah bacaan teks sumpah pemuda yang dibacakan saat acara kongres pemuda yang bertempat di waltervreden (kalo sekarang yaitu Jakarta) Jalan Kramat Raya nomor 106 Jakarta Pusat sekarang menjadi Museum Sumpah Pemuda, pada waktu itu adalah milik dari seorang Tionghoa yang bernama Sie Kong Liong.waltervreden (kalo sekarang yaitu Jakarta) pada tanggal 27-28 Oktober 1928. mungkin dengan semangat para pemuda indonesia yang merayakan hari sumpah pemuda ini kita sebagai bangsa bernegara kesatuan republik Indonesia seharusnya menjungjung tinggi nilai martanat suatu bangsa indonesia ini jangan lah kita saling menjatuhkan satu sama lainnya akan tetapi kita semua di negara indonesia ini harus bersatu teguh sehingga bisa membangun bangsa yang mempunyai kekuatan yang kokoh.
saatnya Indonesia mulai bangkit dari keterpurukan zaman penjajahan dahulu kala, yaitu pada zaman kolonialis penjajah. sehingga berkat dari kerja keras para pemuda yang berani akhirnya negara indonesia ini bisa mencapai puncak kesuksesannya dengan adanya proklamasi kemerdekaan RI 17 agustus 1945.  tentu bisa kita bayangkan bila para pemuda indonesia ini tidak bergegas untuk membentuk sebuah kekuatan agar indonesia bisa terbebas dari para penjajah. diterapkan dalam zaman-zaman sekarang ini, makna dari sumpah pemuda itu sendiri agar lebih giat lagi dalam menjalankan segala aktifitas yang bersifat postif. seperti contoh kecilnya yaitu belajar, menjalankan suatu amanat yang diperintahkan oleh pemerintah. yang tujuan intinya agar bisa membangun bangsa indonesia ini sehingga bisa menjadi lebih baik dan sempurna.

adapun dari makna memperingati hari sumpah pemuda sebagai berikut bahwa Semangat baru ini dikobarkan para pemuda ditengah masa penjajahan. Dengan satu tujuan mencapai cita‐cita negara Indonesia yang berdaulat. Berbagai peristiwa yang mewarnai perjuangan mereka dan rela berkorban demi hanya untuk mengedepankan persatuan, kesatuan, dan tujujan kemerdekaan negara republik Indonesia yang tercinta ini. Ketika akhirnya tebentuk negara Indonesia pada tahun 1945, dan pada masa pembentukan itu Indonesia mengalami krisis kesatuan dan kebangsaan. Era yang dalam bentangan sejarah disebut masa demokrasi‐liberal, yang ditandai dengan berbagai pemberontakan daerah dan mengakar kuatnya partai politik. Masa‐masa yang dilalui dari era demokrasi terpimpin, orde baru, hingga reformasi. Rentang waktu sejarah perjalanan bangsa indonesia sudah cukup panjang. Dan kini, kita sebagai generasi penerus perlu merenungi kembali makna sumpah pemuda dengan jiwa dan semangat kebangsaan serta keinginan bersatu yang tinggi. Tapi apakah ikatan kita sebagai sebuah bangsa sudah kuat dan kokoh. Ini perlu jadi renungan para tokoh bangsa. Ketika tanah air ini aman‐aman saja, apakah semangat nasional jadi luntur, semangat kebangsaan ikut pula memudar ?

Pada kenyataanya, banyak kaum muda di indonesia  saat ini yang mencoreng dirinya sendiri sebagai generasi penerus bangsa sebagai sosok yang tidak berguna dengan pergaulan bebas yang dilarang dalam agama dan hukum, contoh kecilnya dari pergaulan bebas tersebut ialah seperti pecandu narkoba, dan bertindak semaunya tanpa berfikir rasional,. Banyak alasan yang mereka kemukakan sebagai pembelaan diri, tetapi sebagai kaum pemuda yang menjadi harapan bangsa harus selalu melihat kedepan dengan segala kemampuanya berusaha dengan sebaik mungkin dan menjadi kebanggaan baik didalam keluarga atau masyarakat, juga mengabdi kepada agama dan bangsa. Demokrasi yang kita jalani sekarang bisa memberikan berbagai dampak positif dan negatif, apabila tak diikuti dengan kesadaran semangat kebangsaan yang tinggi, tentu saja demokratisasi tidak membuat kita terpecah. Semangat dan jiwa Sumpah Pemuda perlu digelorakan kembali dalam jiwa kaum muda sekarang. Masa depan bangsa ini terletak pada semangat kaum muda generasi kedepannya. Dalam sejarah bangsa manapun di dunia, kaum muda tetap menduduki posisi penting pada setiap perubahan. Sumpah Pemuda berkumandang, gelora dan semangat kaum muda dituntut di masa sekarang, dengan tujuan memperbaiki kondisi ekonomi bangsa dan mensejaterakan rakyat Indonesia. semangat putra putri para pemuda pemudi negara indonesia yang tercinta ini... AYO BANGKIT!!!!

mungkin cukup sekian dulu dari saya semoga membawakan hikmah yang bermanfaat bagi kita semua para kaum pemuda pemudi di indonesia ini. sukses selalu . thanks for visiting