Idul Adha 2012

hari raya idul adha, perayaan idul adha, hewan qurban, cara menyembelih hewan qurban


hari raya idul adha atau bisa disebut juga Idul Qurban merupakan hari raya besar setelah hari raya Idul Fitri karena merupakan sebuah kewajiban bagi umat muslim. Hari Raya Idul Adha jatuh pada tanggal 10 bulan Dzulhijjah, hari ini jatuh persis 70 hari setelah perayaan Idul Fitri. Hari ini juga beserta hari-hari Tasyrik diharamkan puasa bagi umat Islam.  karena Dimana didalam hari raya Idul Adha tersebut para calon-calon Jemaah Haji dari berbagai macam penjuru dunia datang dan berkumpul dalam sebuah tempat yang dinamakan Mekkah, yang terdapat di negara Arab Saudi. karena melaksanakan ibadah haji merupakan rukun islam yang ke-5 yang sekiranya kita mampu dan mapan dalam hal artian harta kita. tentunya kita wajib untuk berangkat pergi haji ke baitullah. 

begitu juga juga dengan umat-umat muslim yang belum waktunya untuk melakukan ibadah haji ke baitullah/mekkah dan bila sekiranya sedikit ada rezeki di anjurkan agar bisa menyembelih minimalnya 1  ekor domba atau pun kambing atau bila mempunyai rezeki yang banyak alangkah baiknya dalam hal penyembelihannya kita menyembelih 1 ekor Sapi. karena seperti yang disunahkan oleh riwayat Nabi Ibrahim. ketika di perintahkan oleh Allah.SWT dalam mimpinya dengan perintah agar ke esokan harinya menyembelih  anak yaitu nabi Ismail.as karena merupakan sebuah perintah akhirnya nabi ibrahim pun dengan penuh rasa keikhlasan menyembelih anaknya. ketika suatu waktu akan di sembelih tiba-tiba sesosok nabi ibrahim berubah menjadi seekor domba . 

begitulah kekuasaan allah dalam menguji ketaatan dan keimanan nabi ibrahim pada Allah.SWT. Subhanallah. maka dari itu kita sebagai umat muslim bila sekiranya mampu dalam hal melaksanakan penyembelihan Qurban sekiranya agar melaksanakannya, karena hikmah dari melaksanakan ibadah qurban itu besar dan sangat bermanfaat sekali khususnya bagi kalangan orang tidak mampu. mereka akan memakan berkah yang kita qurban kan. dan insya allah menjadikan barokahnya. bagi kita yang melaksanakannya. dan mendapat pahala yang setimpal. 

Mengenai tata cara dalam shalat Idul Adha Akan saya bahas pada pertemuan berikutnya, Mungkin hanya itu dulu yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat dan menjadikan barokah yang baik bagi kita. amin