Pengertian pendidikan sekolah dasar

Pengertian pendidikan sekolah dasar, sekolah dasarPengertian pendidikan sekolah dasar - pada zaman dahulu bukanlah sekolah dasar (SD) namanya yakni Sekolah Rakyat (SR) yaitu pada zaman bangsa Indonesia masih dalam jajahan bangsa Belanda dalam sekolah rakyat (SR) dahulu hanya orang-orang kaya atau yang bertaraf ningrat lah yang bisa masuk ke sekolah rakyat tersebut bila seseorang itu orang tidak punya mungkin tidak. dalam dunia pendidikan di zaman-zaman era globaslisasi sekarang ini, tuntutan anak-anak untuk sekolah itu memang wajib harus dilakukan. dengan adanya keputusan dari pesiden yaitu wajib belajar 9 tahun. maksud 9 tahun disini yaitu seorang anak itu wajib mengikuti pembelajarn di sekolahnya itu dari semenjak mulai sekolah dasar (SD) 6 tahun,  

 berlanjut ke sekolah menengah pertama (SMP) 3 tahun, dan alangkah lebih baiknya bila seorang anak itu dialnjtkan kembali ke jenjang sekolah menengah atas (SMA) 3 tahun, dan lebih bagusnya lagi masuk ke perguruan tinggi yang bisa memberikan kualitas pendidikan yang maksimal bagi diri anak tersebut. saya disini akan sedikit menjelaskan tentang sekelumit mengenai pengertian pendidikan sekolah dasar. pendidikan sekolah dasar atau disebut dengan umumnya dengan sebutan SD.

 merupakan sebuah lembaga pendidikan dari pemerintah yang mewajibkan anak-anak lanjutan dari pendidikan anak usia dini ke sekolah dasar ini. dan merupakan jenjang yang paling mendasar dalam dunia pendidikan setelah pendidikan anak usia dini (PAUD) yang ditempuh selama 6 tahun dari mulai kelas 1 sd sampai kelas 6 dengan ketentuan syarat lulus nanti setelah kelas 6 harus mengikuti dahulu yang dinamakan ujian nasional atau ujian sekolah. 




rata-rata para pelajar yang ada di indonesia ini dalam mengikuti pembelajaran di sekolah dasarnya rata-rata berusia 6-12 tahun-an karena memang sudah menjadi ketentuan dari sananya. sekolah dasar di indonesia pun dibedakan menjadi 2 macam. yaitu ada sekolah dasar yang di tangani oleh pemerintah langsung. dan ada juga yang sekolah dasar swasta maksud swasta disini yaitu sekolah dasar tersebut tidak berkegantungan kepada pemerintah jadi semacam asrama atau yayasan yang berinisiatif ingin mengembangkan membangun sekolah. namun pada dasarnya sama saja bila dilihat dari segi apapun seorang anak dalam sekolah dasar tersebut di tuntut untuk di didik, diarahkan, di bina kemandiriannya serta kepribadiannya agar kelak menjadi seseorang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. 


 maka dari itu kita sebagai seorang orang tua yang mempunyai seorang anak yang masih duduk di bangku sekolah dasar (SD) agar selalu terus membimbing, mengarahkan, membina, serta mendidik anaknya agar selalu melakukan perbuatan yang baik. sehingga anak tersebut mental dan kepribadiannya bisa di bentuk. tak lupa juga pembinaan rohani pun juga harus turut serta di terapkan pada seorang anak tersebut. karena dorongan rohani juga merupakan sebuah bekal dalam hidup ini menuju masa yang akan datang. mari bangun kualitas sekolah dasar di indonesia ini agar selalu berprestasi, berkreasi, serta berguna bagi bangsa indonesia ini. maju indonesia . semoga bermanfaat