Pengertian Demo


Pengertian Demo - Pada keadaan sekarang-sekarang ini banyak di penghujung daerah-daerah di indonesia dari mulai awal ujung sampai ke pelosok daerah di indonesia in sering melakukan aktifitas yang dinamakan Demonstrasi atau yang lebih ummnya sering disebut dengan DEMO, nah pada pada kesempatan kali ini saya akan bagikan sebuah pengertian dari istilah demo itu sendiri dengan  Pengertian Demonstrasi sebagai berikut - Demonstrasi didalam kamus besar berbahasa indonesia (KBBI)  ada 2 (dua) makna, Pertama, pernyataan protes yang dikemukakan secara masal atau unjuk rasa.Kedua, peragaan yang dilakukan oleh sebuah lembaga atau kelompok, misalnya demo masak, mendemonstrasikan pencak silat dan masih banyak lagi demo-demo yang lainnya. Demonstrasi merupakan sebuah bentuk ekspresi berpendapat dalam sebuah contoh studi kasus yang bermasalah. Unjuk rasa melalui demonstrasi adalah hak warga negara yang selalu di jalani oleh para kalangan aktivis-aktivis masyarakat, seperti diantaranya forum-forum rakyat bersatu, buruh tani, mahasiswa diantaranya yang selalu sering melakukan orasi unjuk rasa.

Demonstrasi adalah hak demokrasi yang dapat dilaksanakan dengan tertib, damai, dan intelek. Sebuah contoh yang sangat bagus, yang mestinya juga ditiru oleh mereka yang gemar unjuk rasa, yang senang turun ke jalan. Demonstrasi merupakan sebuah media dan sarana penyampaian gagasan atau ide-ide yang dianggap benar dan berupaya mempublikasikannya dalam bentuk pengerahan masa yang biasanya ingin menuntut keadialan dari seorang pemimpin. Demonstrasi merupakan sebuah sarana atau alat sangat terkait dengan tujuan digunakannya sarana atau alat tersebut dan cara penggunaannya. Sebagaimana misalnya internet, dapat digunakan sbg alat komunikasi, tetapi dapat juga digunakan untuk untuk mencuri biar cepat kaya. 

Sehingga niat atau motivasi sangat menentukan hukum demonstrasi. Ini berarti : sesungguhnya aksi-aksi itu terkait dengan niat dan sesungguhnya setiap orang akan memperoleh sesuai dengan niatnya. Demonstrasi juga dapat diartikan bisa  bernilai positif, dan dapat juga bernilai negatif. semunya itu berarti ketika Demonstrasi itu menjunjung tinggi demokrasi, maka dipandang sebagai hal positip dan mempunyai nilai di mata masyarakat. Namun ketika Demonstrasi mengabaikan demokrasi maka dipandangan masyarakat sebagai hal yang tercela/negatif. Demonstrasi adalah satu di antara sekian banyak cara menyampaikan pikiran atau pendapat. Sebagai cara, kegiatan itu perlu selalu dijaga dan dipelihara agar hal ini tidak berubah menjadi tujuan. Menjadi tugas dan kewajiban kita untuk mengingatkan bahwa demonstrasi akan diakhiri ketika pandangan dan pendapat itu telah disampaikan, Walau biasanya terasa tipis batasnya, akan tetapi patut dipahami, bahwa demonstrasi yang disertai unsur kekerasan dan pemaksaan, namun pada akhirnya pemerintah kadang menanggapi apa yang kita demo kan terhadap permasalahan yang harus diselesaikan , ada juga yang mengadili setiap masyarakat yang memberi pendapatnya tersebut. boleh kita berdemo namun harus ada dulu dasar kenapa kita melakukan demo tersebut. sehingga semuanya bisa terselesaikan dengan baik.  mungkin cukup sekian dulu dari saya. semoga bermanfaat.