tips penting menghadapi ujian nasional 2012

tips penting menghadapi ujian nasional 2012

tips penting menghadapi ujian nasional 2012 - dalam menghitung jam, menit, detik ujian nasional periode tahun 2012 akan segera berlangsung tentunya semua siswa-siswi yang akan melaksanakan ujian nasional tersebut bergegas berjuang dalam sebuah pembelajaran. mereka berpacu dari sekarang agar meraih hasil yang maksimal nantinya. Hal ini perlu diingat kembali, bahwa semua materi pelajaran SMA maupun SMP relatif lebih banyak , mulai materi pelajaran kelas I sampai dengan kelas III, tingkat kesulitan materi lebih tinggi dibanding dengan sebelumnya. mungkin salah satu cara agar kita sukses di ujian nasional kali yaitu dengan cara belajar yang dilakukan oleh niat kamu untuk belajar tentunya sistem belajar itu tidak hanya sendiri kita yang belajar, 


alangkah lebih baiknya bila kita belajar berdiskusi dengan sesama teman sekolah. belajar berfikir kreatif, dengan otomatis sendirinya akan muncul rasa kepedulian untuk belajar. dengan belajar kelompok sangat bermanfaat sekali untuk membahas, mendiskusikan materi pelajaran yang dianggap sulit. Melalui diskusi, kamu bisa saling tukar informasi, pendapat dan berbagai pengalaman. Anggota kelompok bisa 5 atau 7 orang sesuai dengan kebutuhan. Apabila materi pelajaran yang tidak dapat dipecahkan oleh kelompok, kamu dapat menanyakan langsung kepada guru bidang studi (mata pelajaran). 


cara belajar yang efektif misalnya membaca materi pelajaran sesuai dengan jadwal belajar harian. atau membaca buku-buku yang ada di perpustakaan sekolah, perpustakaan umum, ataupun buku-buku punya teman. karena itu semua sangat penting disamping itu juga bisa menjadikan kita sebagai gambaran bentuk dan materi yang akan keluar dalam Ujian Nasional 2012 nanti, lebih baiknya lagi, kamu dapat membuka, melihat , meriview soal-soal Ujian Nasional tahun yang lalu karena bisa berfungsi sebagai modal utama. karena soal-soal ujian tahun lalu juga berfungsi sebagai latihan mengerjakan atau menjawab soal-soal UN yang akan datang. dan berikut dibawah ini adalah beberapa tips penting menghadapi ujian nasional 2012 :



Menjaga Kesehatan tubuh
Menjaga kesehatan merupakan modal utama dalam menghadapi sukses ujian nasional karena bila kesehatan kita kurang terjaga otomatis otak kita pun akan kesulitan dalam pola pikir pembelajaran penerapan materi yang akan di ujian nasionalkan. maka dari itu , teman-temansemua hendaknya selalu menjaga kesehatan, sehingga pada saat Ujian Nasional kondisi situasi tubuh kita dalam kondisi fit, segar, dan sehat.  Hendaknyadianjurkan sekali untuk, tidur yang cukup dan mengkonsumsi makanan yang bergizi. dan tidak lupa olah raga secara teratur.

Menghindari hal-hal yang buruk
Ada beberapa hal yang mesti dihindari sebelum dan selam Ujian Nasional. contoh misalnya mencari bocoran soal ujian, mencontek, dan lain-lain. Perbuatan mencontek bisa meracuni diri sendiri, yaitu dapat menghambat perkembangan pribadi. intinya membodohi diri sendiri. karena bila mencontek pada saat ujian dapat menimbulkan semacam ketergantungan kepada catatan atau orang lain. Akibatnya, rasa percaya diri kurang. sebab hasil pekerjaan teman kita yang kita contek pun belum tentu benar dalam hal pengisiannya.


tips penting menghadapi ujian nasional 2012


Tenangkan Hati dan Pikiran
dalam persiapan ujian nasional ini, kesiapan dalam pemahaman materi pelajaran perlu didukung oleh ketenangan hati dan pikiran. Dengan hati yang tenang dan pikiran yang jernih lah, segala macam tantangan yang akan dihadapi saat ujian nanti akan dilalui dengan ceria, tetap senyum walau hati gelisah dan bersemangat mengerjakan soal. maka dari itu, apabila memiliki masalah segeralah selesaikan dengan baik. Di samping itu, jangan banyak pikiran yang bukan-bukan, misalnya merasa khawatir tidak lulus ujian, bingung memilih jurusan di perguruan tinggi atau masa depan yang suram.

Pandai-Pandailah dalam Memilih Soal

Pada saat menghadapi serta mengerjakan soal ujian, yang paling penting harus dilakukan yaitu memperhatikan dengan teliti dan seurius, sehingga soal itu dapat dipahami dengan baik.dalam menjawab soalnya pun pilih dulu oleh teman-teman semua mana yang menurut teman paling mudah baru itu dulu yang dijawab. setelah soal yang mudah-mudah terjawab saatnya memikirkan soal-soal yang sulit-sulit. karena waktu pun akan menentukan dalam pengerjaan soal ujian tersebut. jadi pandai-pandailah juga dalam mengatur waktu dalam mengerjakan soal ujiannya, perhitungkan berapa lama kita harus menjawab dalam satu soalnya.

Hati-Hati Mengisi Lembar Jawaban

dalam pengisian lembar jawaban Ujian Nasional biasanya menggunakan lembar jawaban komputer (LJK) yang pengisian jawabnnya di periksa oleh komputer. Sebelum mengisi jawaban, terlebih dahulu mengisi data pribadi. Misalnya nama, kelas, jurusan, mata pelajaran yang sedang diujikan dan lain-lain. Kekeliruan atau kelalaian dalam mengisi data pribadi tersebut bisa berakibat merugikan kamu sendiri, karena lembar jawaban diperiksa melalui komputer. Untuk menghindari kekeliruan dalam mengisi data pribadi, maka cocokkan dengan kartu ujian anda. Di samping itu, bawalah alat-alat tulis yang cukup, sehingga pada saat pelaksanaan ujian bisa bekerja dengan baik. Jadi, jangan sampai mengandalkan teman, dengan cara meminjam alat-alat tulis. Kemudian, sebelum lembar jawaban dikumpulkan hendaknya diperiksa kembali, kalau-kalau ada kekeliruan dalam mengisi.

Meminta doa restu dari kedua orang tua kita
Doa merupakan sebuah petunjuk membawa kita menjadi lebih baik, doa ibu lah yang paling di buthkan pada saat pelaksanaan ujian nasional. karena doa merupakan senjatanya orang muslim. sehingga membawakan berkah dan ampunan dari allah.SWT. amin ya allah ya rabbal alamin. Salah satu do’a yang paling mujarab adalah do’a orang tua kepada anaknya, mintalah restu pada orang tua Anda. Hal ini dapat menjadi spirit dan menambah rasa percaya diri yang luar biasa bagi kamu. Tentunya  juga tidak adil jika kita minta di do’akan, tapi kita sendiri tidak ikut berdo’a untuk keberhasilan kita. Lucu banget jika hal seperti itu sampai terjadi. Maka berlakulah adil, diri kita sendiri yang harus bekerja lebih keras, bukan orang lain


mungkin dengan beberapa tips diatas, ujian nasional kita sukses dan semuanya LULUS 100% amin. semoga bermanfaat untuk teman-teman semua yang akan menghadapi ujian nasional tahun ini. thanks for visiting