Pengertian pendidikan anak usia dini (PAUD)


pendidikan anak usia dini Pengertian pendidikan anak usia dini - pendidikan anak usia dini atau sering di sebut dahulunya dengan kata umumnya oleh orang-orang dengan sebutan sekolah TK (Taman Kanak-kanak) merupakan sebuah pendidikan paling penting bagi anak yang baru mengenal apa itu yang dinamakan dengan sebuah pendidikan sebelum anak itu menginjakan ke sekolah selanjutnya yaitu sekolah dasar. PAUD merupakan sebuah dasar dari pembelajaran untuk diterapkan kepada anak-anak seusia 5-6 tahunan. karena sangat penting sekali  pendidikan anak usia dini untuk saat-saat ini. karena membuat anak-anak menjadi tahu, terbiasa, terus berlatih akan sesuatu hal-hal yang baru mereka kenali. contoh kecilnya diantaranya yaitu mereka di latih bernyanyi oleh guru-gurunya supaya tetap semangat dan ceria pada masa kanal-kanak terutama agar bisa meraih anak itu untuk bisa lebih mau dalam belajar, 

selain itu juga bisa juga anak-anak tersebut diajarkan membuat sebuah kerajinan tangan yang tujuannya untuk mengekspresikan kreasi bakat anak-anak tersebut. belajar membaca adalah hal dalam pembelajaran pendidikan anal usia dini (PAUD) karena merupakan pembelajaran dasar untuk bekal anak-anak tersebut dimasa yang akan datang . jadi pada intinya sebelum anak-anak itu beranjak ke sekolah dasar nantinya anak-anak tersebut bila di PAUD nya sudah di biasakan  belajar membaca dan menulis dengan benar maka di sekolah dasarnya pun tidak akan repot kembali dalam pembelajarannya. 




memang dalam menghadapi sebuah situasi anak-anak yang sedang belajar banyak sekali keluhannya diantaranya anak tersebut menginginkan untuk  buang air kecil, dsb kita sebagai guru sudah kewajiba kita untuk membimbing anak-anak tersebut agar bisa terarah dan yang pasti menghadapi anak-anak PAUD harus dengan keikhlasan serta rasa sabar yang tinggi bisa kita bayangkan bila seorang guru di PAUD tersebut kurang sabar, kurang mengontrol situasi mungkin dampak ke anak-anak PAUD nya tersebut juga akan menanggapinya dengan tidak baik juga.

berikut ini merupakan satuan pendidikan yang menyelanggarakan pendidikan anak usia dini (PAUD) diantaranya ada sebagai berikut :

  • Taman Kanak-kanak (TK)
  • Raudatul Athfal (RA)
  • Bustanul Athfal (BA)
  • Kelompok Bermain (KB)
  • Taman Penitipan Anak (TPA)
  • Satuan PAUD Sejenis (SPS)
  • Bina Keluarga Balita
  • Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu)
  • Keluarga
  • Lingkungan
maka dari itu dengan adanya pendidikan anak usia dini (PAUD) anak-anak agar bisa terbentuk pertumbuhannya agar anak tersebut siap melanjutkan pendidikannya ke sekolah yang lebih kanjut dari PAUD. sehingga kecerdasaan anak , kekreatifan anak tersebut terbentuk dari mulai sejak dini. sehingga menjadi anak yang berkualitas bagi bangsa , agama , dan masyarakat . semoga bermanfaat , Thanks for visiting