Efek Negatif dari Marah pada Tubuh

Kesehatan emosional Anda adalah kunci untuk menjaga kesehatan tubuh Anda. Amarah bisa memakan sumber daya yang baik dari tubuh dan membuat Anda kekurangan energi. Dampak terburuk dari marah pada kesehatan Anda adalah stres. 

Stres adalah hal sepele yang sangat berbahaya dan dapat menyebabkan beragam penyakit kronis dalam tubuh manusia. Pasien penyakit jantung memiliki risiko kesehatan yang benar-benar fatal jika mereka marah. Nah, berikut adalah beberapa efek negatif dari marah pada tubuh Anda, seperti berikut ini.

1. Stres 
Efek setelah marah adalah stres. Setelah kemarahan Anda mereda, Anda akan mengalami stres dan stres dapat menyebabkan penyakit serius seperti diabetes, depresi, tekanan darah tinggi dan penyakit Jantung.

2. Penyakit jantung 
Kemarahan dapat memicu debaran jantung yang lebih cepat. Jika Anda cepat marah, detak jantung Anda akan terus meningkat dan akhirnya rentan terserang stoke.

3. Gangguan tidur
Ketika Anda marah, hormon akan bergejolak di dalam tubuh Anda. Itulah mengapa risiko kesehatan terburuk dari kemarahan adalah gangguan tidur. Jika tubuh Anda tidak mendapatkan istirahat, Anda bisa menjadi sasaran empuk bagi banyak penyakit. Sulit tidur bahkan dapat membuat Anda jadi gila.

4. Tekanan darah tinggi 
Tekanan darah tinggi dapat disebabkan banyak hal dan kemarahan merupakan salah satu penyebab utamanya. Ketika Anda marah, tekanan darah Anda akan meningkat. Hal ini bisa menyebabkan banyak kerusakan pada jantung Anda.

5. Masalah pernapasan 
Marah juga dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti asma. Seseorang akan merasa sulit bernapas ketika ia marah. Kemarahan juga dapat memicu serangan asma dan membuat napas seseorang terengah-engah.

6. Sakit kepala 
Ketika Anda marah, pembuluh darah di otak akan berdenyut liar. Hal ini dapat memicu rasa sakit di kepala. Cobalah untuk tenang segera, jika Anda merasa nyeri di kepala Anda karena dipicu oleh perasaan marah.

7. Serangan jantung
Serangan jantung sering terjadi, jika seseorang menjadi sangat emosional, bersemangat atau marah. Kemarahan adalah salah satu penyebab paling berbahaya yang dapat memicu serangan jantung. Itulah sebabnya pasien jantung dilarang untuk terlalu sering mengekspresikan kemarahan mereka.

8. Stroke 
Stroke otak terjadi ketika satu atau lebih pembuluh darah di otak pecah. Hal ini dapat terjadi ketika kemarahan membuat tekanan darah Anda naik sangat tinggi. Stroke otak dapat membunuh Anda atau melumpuhkan Anda seketika. 

Ini adalah beberapa efek terburuk dari marah pada kesehatan Anda. Untuk mengontrol lonjakan emosi yang sering Anda rasakan, Anda bisa mempraktikkan yoga atau meditasi di rumah. Dengan demikian, kemarahan Anda lebih bisa terkontrol.