Cara hemat energi di rumah

Apakah Anda sudah menghemat energi? Tanpa disadari banyak di antara kita yang menyalahgunakan energi. Sumber energi memang bisa diperbaharui, namun tidak sebanding dengan penggunaannya. Berikut lima cara mudah untuk menghemat energi dari rumah.

Matikan lampu tidak dibutuhkan
Mungkin banyak di antara Anda yang sering diomeli orang tua karena lupa mematikan lampu setelah meninggalkan ruangan. Itu bukan berarti orang tua Anda pelit. Pencahayaan memiliki peran 11 % dari tagihan listrik di rumah. Dengan mematikan lampu, berarti Anda menghemat energi serta memperpanjang masa hidup lampu. Jangan lupa untuk mematikan lampu pada siang hari, maksimalkan penggunaan cahaya alami.

Beralih ke lampu hemat energi
Saat ini banyak toko elektronik menyediakan lampu hemat energi. Ganti lampu lama Anda dengan lampu hemat energi. Pemakaian lampu jenis ini dapat menghemat pemakaian listrik yang cukup signifikan. 

Matikan komputer saat malam hari
Hampir setiap hari komputer dipakai oleh para karyawan. Bahkan komputer tetap menyala mulai pagi hingga malam. Komputer sama seperti manusia, dia juga harus beristirahat. Matikan monitor Anda jika sudah tidak dipakai selama lebih dari 20 menit. Selain menghemat energi hal ini juga akan mengurangi keausan pada hardware dan memperpanjang hidup komputer Anda. 

Gunakan laptop dibandingkan komputer
Laptop hanya menggunakan 15 sampai 25 watt listrik, dibandingkan dengan seperangkat komputer yang menghabiskan 150 watt. Laptop juga menghabiskan daya yang kecil pada modus tidur. 

Berhemat
Anda bisa menggunakan tas belanja sendiri saat berbelanja daripada menggunakan kantong plastik yang tidak bisa terurai. Jika memungkinkan untuk berjalan kaki, sebaiknya Anda berjalan daripada menggunakan kendaraan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar, kemacetan dan polusi. 

Masih banyak cara lain untuk menghemat energi. Mulai sekarang gunakanlah energi seefisien mungkin agar bumi tetap ramah pada manusia.