Seorang mahasiswa Yogyakarta ciptakan aplikasi kamus Bahasa Jawa

Bahasa Jawa merupakan salah satu bahasa yang banyak digunakan oleh orang di Indonesia. Oleh karenanya, seorang mahasiswa dari Yogyakarta kembangkan aplikasi kamus Jawa-Indonesia untuk perangkat mobile.

Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta Kartika Yudha Pratama mengembangkan aplikasi kamus Bahasa Jawa-Bahasa Indonesia untuk telepon seluler.

Menurut dia, selain memberikan definisi atau arti dari Bahasa Jawa ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya, aplikasi itu juga mampu memberikan contoh pengucapan.

"Program tersebut dapat membantu seseorang mempelajari Bahasa Jawa dengan lebih mudah, karena dapat digunakan kapan pun dan di mana pun," kata Yudha, seperti dikutip Antara (21/03).

Yudha juga menjelaskan bahwa aplikasinya yang berbasis Java (J2ME) tersebut dapat dioperasikan dengan perangkat mobile yang mendukung teknologi Java 2.0 seperti Symbian atau BlackBerry.

Ia mengatakan aplikasi dapat dijalankan untuk yang pertama kali setelah proses instalasi akan memunculkan tampilan pemasangan database berupa Record Management Store (RMS) yang berisi kosakata, baik dalam bahasa Jawa maupun dalam bahasa Indonesia.

Setelah proses pemasangan database selesai, maka akan muncul menu utama pada layar berupa daftar (list) dan untuk mengoperasikan serta melihatnya, pengguna pengguna aplikasi tersebut hanya perlu menggerakkan cursor ke atas atau ke bawah.

Menurut dia, ada lima menu di antaranya menu Bahasa Jawa-Bahasa Indonesia, menu Bahasa Indonesia-Bahasa Jawa, menu petunjuk penggunaan, menu tentang aplikasi, dan menu keluar.

Setelah diujicobakan, aplikasi itu mendapat respons baik dan beberapa saran dari ahli materi yakni dosen Pendidikan Bahasa Jawa Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

"Saran itu di antaranya penyusunan petunjuk agar lebih sistematis dan penambahan menu referensi untuk menjelaskan sumber pustaka kamus yang digunakan," lanjutnya.