Kata siapa beraktivitas di Facebook gratis?

Ketika memperkenalkannya untuk pertama kali dan akhirnya meledak menjadi jejaring sosial nomor satu, Facebook katakan bahwa situs mereka gratis dan akan selamanya gratis.

Ada anggapan bahwa selama ini, pengguna Facebook tidak membayar satu sen pun atas semua layanan yang diberikan. Hal tersebut juga diperkuat dengan penjelasan Facebook sendiri yang mengatakan, "Facebook is free and always will be."

Namun, secara tidak langsung, ternyata layanan yang diberikan tidak gratis dan pengguna Facebook telah membayarnya dalam hal dan cara lain, tentunya bukan dengan uang.

Social Fixer (22/03) melansir bahwa selama ini banyak pengguna Facebook yang tidak sadar bahwa iklan yang muncul, penulisan status, menekan tombol like, unggah foto atau video dan semacamnya adalah bentuk pembayaran secara tidak langsung ke Facebook.

Facebook mengumpulkan dan menganalisis data yang penggunanya punyai dari segala aktivitas yang berlangsung dan mengirimkannya ke para pengembang aplikasi, game atau juga pengiklan.

Dengan mengetahui tipikal penggunanya, maka sasaran iklan untuk setiap pengguna juga akan langsung mengena. Dengan semakin sering beraktivitas di situs besutan Mark Zuckerberg ini, maka Facebook juga akan semakin mudah menganalisis sekaligus mendapatkan keuntungan dari penggunanya. Tentunya secara tidak langsung.