Apa Saja Tips efektif untuk berhenti merokok?

Berhenti merokok memang mudah diucapkan namun sulit dilakukan. Jika Anda juga mengalami kesulitan, berikut ini ada tips untuk menghentikan kebiasaan merokok. Mari kita simak.
  • Rencana berhenti
Anda mungkin memang tidak bisa berhenti tiba-tiba, namun Anda sebaiknya mulai membatasi jumlah rokok yang Anda hisap setiap hari. Patuhi jadwal dan aturan berhenti merokok Anda sesuai dengan rencana yang sudah Anda susun.
  • Target berhenti
Selain rencana, Anda pun membutuhkan target untuk bisa benar-benar lepas dari rokok. Jangan membuatnya terlalu cepat atau terlalu lama, namun pastikan target Anda tercapai tepat pada waktunya.
  • Lakukan Secara Bertahap
Rokok membuat seseorang kecanduan, untuk melepaskan diri dari rasa kecanduan rokok tersebut maka bisa dilakukan dengan cara mengurangi frekuensi merokok secara bertahap. Dengan demikian pikiran dan tubuh kita akan mulai terbiasa terhindar dari nikotin sedikit demi sedikit.
  • Mencari dukungan
Orang terdekat Anda pasti akan mau membantu niat baik Anda untuk berhenti merokok, maka dari itu jangan segan meminta dukungan dari mereka. Biasakan diri juga untuk bergaul dengan lingkungan yang tidak akan membuat Anda kembali pada kebiasaan merokok.
  • Mengikuti terapi
Apakah bantuan dari orang terdekat kurang berhasil? Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk berkonsultasi dengan ahli terapi demi menghentikan kebiasaan merokok yang tidak baik bagi kesehatan Anda.
  • Tahan Keinginan Anda dengan Menunda
Menahan diri adalah salah satu kunci dimana anda akan dapat mengendalikan diri dari keinginan merokok. Caranya cukup mudah, setiap kali anda merasakan dorongan kuat untuk merokok, tundalah hal tersebut selama 5 menit sebelum anda menyalakan rokok tersebut. Di hari berikutnya jika muncul dorongan tersebut tingkatkan penundaan menjadi 10 menit, tambah 5 menit penundaan setiap harinya. Dengan cara ini tubuh Anda akan menyadari bahwa dorongan untuk merokok semakin lama akan menghilang secara perlahan.
  • Rutin berolahraga
Ketika berhenti merokok, tubuh Anda akan terasa lebih bugar dan Anda bisa memanfaatkannya untuk aktif berolahraga secara rutin. Olahraga akan membantu menyalurkan energi positif dan mengontrol keinginan merokok Anda.

Jangan berkata berhenti merokok itu sulit, karena tips tersebut di atas bisa Anda aplikasikan untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda yang tidak menyehatkan.