PS4 vs Xbox 720, siapa yang terbaik?

Ada sebuah pertanyaan yang menggelitik jika ditanyakan kepada para gamers spesialis konsol: mana yang lebih bagus, PS4 atau Xbox 720?

Jika pertanyaan tersebut ditanyakan, tentunya tidak akan ada jawabannya. Malah, akan menimbulkan debat kusir di antara mereka yang mendukung PS4 dengan para penggemar Xbox 720.

Namun, jika boleh sedikit berspekulasi, ada beberapa hal di mana kedua konsol game ini mampu unggul satu sama lain. Kira-kira, apa saja kelebihan dan kelemahan masing-masing?

1. Processor
Jika dilihat dari 'otaknya', PS4 kabarnya akan dilengkapi dengan sebuah processor AMD Jaguar berkekuatan 8-core x86-64. Selain itu, perangkat ini rumornya juga dipersenjatai dengan sebuah RAM GDDR5 berkekuatan 8 GB.

Sementara, Xbox 720 juga tidak mau kalah dengan processor dari AMD berkekuatan sama, 8-core dan dipersenjatai dengan RAM 8 GB. Kekuatan yang dihasilkan pun sama dengan PS4.

Namun, dengan sumberdaya yang ada, Microsoft sepertinya bisa mengungguli ronde ini dengan memberikan grafis lebih bagus. Pertanyaannya, mampukah mereka?

2. Kemampuan Sosial
Ada satu hal yang setidaknya bisa dibanggakan Sony dalam peperangan ini, yaitu fitur jejaring sosialnya. Melalui sebuah tombol share, pengguna bisa berbagi pengalaman mereka seputar permainan di PS4 dengan pemain lainnya.

Hal ini yang sepertinya belum dipikirkan oleh tim Microsoft. Entah sadar atau tidak, Xbox sepertinya juga tidak ingin bersaing dengan PS4 dalam hal ini.

3. Penyimpanan dan Pengunduhan
Sekali lagi, Sony mampu selangkah lebih maju dari rivalnya Microsoft dalam dunia konsol game. Hal ini mengingat teknologi yang diterapkan Sony agar pemain PS4 bisa memainkan gamenya meskipun belum selesai diunduh.

Sementara bagaimana dengan Xbox 720? meskipun belum bisa dikonfirmasi, akan sangat sia-sia jika Microsoft juga tidak menerapkan hal ini.

Kesimpulannya?
Meskipun terlihat bahwa PS4 mampu sedikit unggul dibanding Xbox 720, agak sulit menentukan siapa pemenangnya. Hal ini mengingat spesifikasi Xbox 720 yang masih sangat dirahasiakan Microsoft.

Jika keduanya sudah diluncurkan, maka akan sangat objektif sekali dalam menentukan siapa yang terbaik.