Lakukan 8 Hal Ini Jika Ingin Cepat Turunkan Berat Badan

Ketika Anda mengalami kesulitan dalam menurunkan berat badan, mungkin Anda perlu lebih memperhatikan mekanisme hormonal tubuh. Hormon memainkan peran penting dalam bagaimana dan kapan seseorang makan yang terkait dengan berat badan.
Mekanisme hoemon dapat mempromosikan penurunan berat badan termasuk mengirimkan sinyal kepada otak untuk segera makan ketika perut terasa lapar dan juga sinyal kepada tubuh untuk menurunkan metabolisme ketika Anda sedang tidak makan apapun.
Hormon-hormon seperti leptin (hormon yang dilepaskan dari lemak), ghrelin (hormon lambung), NPY, dan ╬▒MSH berfungsi mengirimkan sinyal ke otak dan memberitahu bahwa Abda sedang lapar dan harus segera memulai makan. Faktor lain yang mungkin bertindak dalam pengaturan metabolisme termasuk hormon tiroid, katekolamin dan protein yang tidak berpasangan.
Sehingga jika Anda ingin kurus, ingatlah bahwa kegemukan bukan tentang apa yang Anda makan, tapi bagaimana Anda makan. Metabolisme hormonal seseorang dipengaruhi oleh bagaimana Anda makan dan bukanlah jenis makanan apa yang Anda makan.
Berikut hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika makan agar terhindar dari kegemukan.

1. Menikmati makanan di setiap gigitan dan jangan mengalihkan perhatian terhadap hal lain ketika sedang makan.

2. Makan sebanyak 3 kali sehari. Jika Anda ingin melewatkan waktu makan, akan lebih baik jika melewatkan makan malam dibanding waktu makan lainnya. Tetapi jangan meraih makanan ringan untuk mengganjal perut yang lapar di malam hari.

3. Makanlah hanya pada saat Anda merasa lapar. Ambillah makanan yang sekiranya cukup untuk membuat perut tidak lagi kelaparan, sehingga perut tidak terisi penuh karena makan berlebihan.

4. Hanya makan di dapur, ruang makan, atau di kantin saat istirahat makan siang di kantor. Jangan membawa makanan ke ruang TV, karena Anda tidak akan menyadari telah makan berlebihan ketika sedang duduk di sofa sambil menonton TV.

5. Jangan melakukan hal lain ketika makan, selain berbicara dengan keluarga dan teman-teman. Jangan membaca, bekerja di depan komputer, berbicara di telepon atau menonton TV.

6. Jangan makan dengan terburu-buru dan kunyah makanan secara perlahan-lahan. Ambil sesendok kecil makanan kemudian letakkan sendok sejenak ketika mengunyah makanan, tunggu hingga makanan dikunyah halus sebelum meraih sendok Anda kembali.

7. Ambil makanan secukupnya saja agar Anda tidak kesulitan menghabiskannya. Hal ini untuk mencegah makan berlebihan, karena kebanyakan orang merasa sayang ketika menyisakan makanan di piring. Anda mungkin perlu memesan makanan dalam porsi yang lebih kecil ketika makan di restoran.

8. Minum seteguk air putih di setiap suapan makanan. Hal ini dapat membantu mengisi perut dan memperlambat makan Anda.