Alasan Memaafkan Pasangan yang Selingkuh

Semua orang yang pernah dikhianati pasti merasa bimbang untuk memaafkan pasangan yang selingkuh atau tidak. Meskipun sebagian besar dari Anda mungkin memilih untuk tidak melakukannya, sebenarnya ada alasan penting kenapa Anda harus tetap memaafkan pasangan yang selingkuh, demikian seperti berikut ini.

Khilaf
Seseorang yang bisa memaafkan pasangan yang selingkuh mungkin hanya ada segelintir saja di dunia ini. Itupun jika pasangan yang selingkuh telah minta maaf dengan tulus dan mengakui bahwa perselingkuhannya disebabkan oleh khilaf semata. Namun jika seseorang menganggap selingkuh adalah hobi, maka lain lagi ceritanya.

Tidak bisa move on
Salah satu cara move on adalah dengan memaafkan orang lain yang menyakiti hati Anda dan melupakannya. Memang sepertinya mudah diucapkan dan sangat berat dilakukan. Tetapi jika Anda tidak mau memaafkan pasangan yang selingkuh, bisa dipastikan Anda pun akan kesulitan untuk move on dan melanjutkan hidup.

Yakin diselingkuhi?
Jika Anda memutuskan untuk berpisah sementara dengan pasangan, kemudian si dia jalan dengan orang lain, sebenarnya hal itu tidak bisa disebut dengan selingkuh. Sebab Anda dan pasangan sama-sama memutuskan untuk sendiri, meskipun itu hanya sementara. Jadi sebelum merasa sakit hati dan menyalahkan pasangan, tanyakan pada diri sendiri, apakah Anda yakin diselingkuhi si dia?

Perasaan pasangan yang selingkuh
Kesalahan utama orang-orang yang selingkuh adalah menyalahkan pasangan dan keadaan di sekitarnya. Maka dari itu jarang ada orang yang mau memaafkan perselingkuhan. Tetapi jika pasangan Anda minta maaf dengan serius, artinya si dia telah berusaha untuk memahami perasaan Anda. Jadi dengarkan dengan baik penjelasan pasangan dan besarkan hati Anda untuk memaafkannya.

Fondasi hubungan
Bagi beberapa orang, perselingkuhan dijadikan bahan pelajaran berharga. Sehingga masing-masing pasangan akan membangun fondasi hubungan dan lebih berusaha menjaganya. Pasangan mungkin pernah melakukan kesalahan satu kali, tetapi dari kesalahan itulah si dia dan Anda bisa belajar lebih banyak.

Itulah beberapa alasan kenapa Anda sebaiknya memaafkan pasangan yang selingkuh. Lagipula, memaafkan berarti membebaskan diri Anda sendiri dari rasa benci yang mengotori hati.