Bayi Sudah Bisa Membenci Orang Sejak 9 Bulan

Manis, lucu, dan imut. Pasti itu yang ada di pikiran Anda ketika melihat bayi. Namun peneliti menunjukkan bahwa mereka tidak innocent seperti kelihatannya. Bayi sudah bisa membedakan orang yang mereka suka dan benci sejak berusia sembilan hingga 14 bulan.

Penelitian yang dilakukan di University of British Columbia ini juga menemukan bahwa bayi sudah bisa memiliki keinginan untuk menyerang orang yang tidak disukainya. Hasil ini ditemukan peneliti setelah mengamati 112 bayi dalam eksperimen.
"Fakta bahwa bayi bisa membedakan orang yang mereka sukai dan mereka benci bahkan sebelum mereka bisa bicara menunjukkan bahwa bayi sudah bisa memberikan evaluasi terhadap lingkungan sekitarnya," ungkap ketua penelitian Kiley Hamlin, seperti dilansir oleh NY Daily News (14/03).
Hamlin juga menambahkan bahwa bayi biasanya sibuk untuk mengamati sekitarnya dan menentukan siapa yang bisa mereka jadikan teman dan siapa yang berpotensi menjadi musuh bagi mereka.
Menggunakan boneka, peneliti bisa menemukan bahwa orang yang dianggap kawan adalah mereka yang makan makanan yang sama. Sementara musuh adalah orang yang makan makanan berbeda. Bayi kemudian berusaha menyerang boneka yang memiliki selera berbeda dengan mereka. Salah satu bayi bahwa mencium boneka yang mereka sukai dan mereka anggap teman.