Cara Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Anda telah mencoba begitu keras untuk menghilangkan beberapa kilogram dari berat badan Anda? Bagaimana jika saya katakan bahwa ada cara yang sangat sederhana untuk menurunkan berat badan? Dan Anda tidak perlu mengikuti kelas gym atau diet. Ingin tahu caranya? Caranya adalah dengan mempercepat tingkat metabolisme Anda. 

Tingkat metabolisme adalah kecepatan di mana tubuh Anda mencerna, menyerap dan mengasimilasi makanan yang Anda makan. Bila Anda memiliki sistem metabolisme yang cepat, Anda dapat membakar kalori lebih cepat. Jadi jika Anda mempercepat metabolisme Anda, Anda akan dapat menghilangkan berat badan ekstra di tubuh Anda dengan lebih cepat.

1. Minuman banyak air
Ketika sel-sel Anda mengalami dehidrasi, tingkat metabolisme menurun. Hal ini dikarenakan cairan yang diperlukan untuk penyerapan makanan ke dalam sel berkurang. Jadi, pastikan Anda minum banyak air setiap hari dan menjaga diri tetap terhidrasi.

2. Penuhi asupan makanan yang kaya kalsium 
Kekurangan kalsium dalam tubuh dapat menurunkan tingkat metabolisme Anda. Kalsium diperlukan untuk pelepasan hormon yang merangsang metabolisme lebih cepat.

3. Makan pada interval reguler 
Bila Anda mengunyah sepanjang waktu, maka tubuh Anda memiliki jadwal rutin untuk memproduksi enzim dan mencerna makanan. Tetapi, kebiasaan makan yang tidak teratur dapat membingungkan tubuh dan memperlambat metabolisme.

4. Cukup tidur
Sistem metabolisme juga perlu istirahat. Jadi, Anda memerlukan setidaknya 6 sampai 8 jam tidur untuk memiliki tingkat metabolisme yang sehat.

5. Makan cokelat
Cokelat akan membantu untuk mempercepat laju metabolisme. Namun, jangan terlalu banyak pada coklat. Konsumsi dark chocolate dalam jumlah terbatas untuk meningkatkan metabolisme.

6. Olahraga di tempat yang berudara sejuk
Ketika tubuh Anda dingin, sistem metabolisme harus bekerja keras untuk membakar kalori. Jadi, Anda dapat berlatih di ruang ber-AC untuk merangsang sistem metabolisme Anda.

7. Minum teh herbal 
Teh Herbal, khususnya teh hijau, dapat membantu mempercepat metabolisme. Jadi, konsumsi teh hijau tanpa susu atau gula untuk menjaga pencernaan Anda tetap sehat dan efektif.

8. Makan jeruk
Buah citrus, seperti jeruk, kaya akan Vitamin C yang memiliki peran besar dalam pencernaan. Buah ini membantu mengeluarkan cairan pencernaan yang diperlukan untuk mempercepat metabolisme.

9. Berkeringat
Anda tidak perlu berolahraga berjam-jam, tetapi cukup dengan melakukan aktivitas fisik sederhana yang membuat tubuh berkeringat. Hal ini dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

10. Makan makanan pedas
Cabai mengandung capsiacin yang membantu tubuh membakar kalori. Cabai dapat menciptakan panas dalam tubuh yang mempercepat metabolisme.

11. Minum air jahe
Jahe adalah rempah-rempah yang baik untuk pencernaan. Minum air jahe dapat benar-benar membantu Anda mencerna makanan lebih cepat.

Inilah cara untuk meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Selain makanan, biasakan untuk berolahraga secara rutin agar tubuh tetap bugar dan fit meski cuaca sedang tidak baik.