Pemikiran salah bisa merusak hubungan

Tak hanya perbuatan, terkadang pemikiran juga bisa merusak hubungan romantis Anda dan pasangan. Meski pemikiran ini terlihat remeh, namun jika Anda mempercayainya lambat laun pemikiran-pemikiran ini bisa menyebabkan masalah.

Berikut adalah beberapa anggapan dan pemikiran yang salah terhadap pasangan.

1. Kecurigaan
Kecurigaan terjadi ketika Anda menimbulkan sesuatu tanpa adanya bukti yang jelas. Misalkan: Dia terlambat pulang, pasti karena dia sedang berselingkuh dengan wanita lain.

2. Fokus pada hal buruk
Anda terlalu fokus pada sisi negatif pasangan dan tidak memperhatikan sisi baiknya. Misalkan Anda berpikir bahwa pasangan tak pernah menganggap serius ucapan Anda dan selalu menghindar ketika akan membahas masalah.

3. Terlalu menggeneralisasi
Tak semua hal yang dilakukan oleh pasangan merupakan hal besar dan kebiasaan. Misalkan ketika pasangan melupakan suatu hal, Anda menjadi marah dan beranggapan bahwa dia akan melupakan hal lain yang penting juga. Padahal belum tentu seperti itu. Bisa jadi saat itu pasangan memang benar-benar lupa dan tidak sengaja.

4. Membesarkan masalah
Terkadang hubungan bisa rusak ketika masalah kecil terlalu dibesar-besarkan tanpa alasan yang jelas. Misalkan tiba-tiba saja Anda berpikir bahwa karena pasangan memiliki banyak mantan pacar, dia adalah seorang playboy dan tidak bisa dipercaya. Padahal belum tentu begitu kenyataannya.

5. Meremehkan hal penting
Sebagaimana hal kecil yang terlalu dibesar-besarkan, terkadang hal penting yang diremehkan juga bisa menyebabkan masalah. Misalkan ketika pasangan ingin menyenangkan Anda dengan mengajak makan malam, Anda menganggapnya remeh karena berprasangka bahwa pasangan sedang menutupi kesalahannya dengan mengajak makan malam.

6. Pemikiran hitam putih
Bagi Anda, hanya ada hitam dan putih. Jika dia tak melakukan hal benar, maka dia salah. Ini sama saja dengan menghakimi seseorang karena hal kecil yang dia lakukan. Pemikiran semacam ini bisa merusak hubungan Anda pada akhirnya.

7. Membaca pikiran
Sepintar apapun Anda, tak mungkin bisa membaca semua pikiran pasangan. Jadi, jangan sok tahu, dan lebih banyak lah bertanya tentang apa yang dia pikirkan dan apa yang dia inginkan. Sok tahu bisa menyebabkan masalah jika apa yang Anda pikirkan ternyata berkebalikan dengan apa yang ada di pikiran pasangan.

8. Prasangka buruk
Berprasangka buruk pada pasangan bisa menyebabkan hubungan hancur berantakan. Misalkan ketika pasangan melakukan hal baik Anda selalu mengira bahwa ada niat buruk di baliknya. Bagaimana bisa Anda melanjutkan hubungan jika selalu berburuk sangka pada pasangan?

Delapan pemikiran yang salah di atas biasanya muncul sedikit demi sedikit. Jika dibiarkan, Anda akan semakin terbiasa berpikiran buruk pada pasangan hingga akhirnya hubungan pun kandas di tengah jalan.