11 Keindahan Alam Indonesia Yang Tersembunyi

Libur semester ganjil yang tinggal menghitung hari lagi membuat kita sudah mempersiapkan rencana untuk berlibur ke tempat-tempat indah dan menyenangkan. Akan tetapi, seiring perkembangan teknologi, membuat suatu tempat menjadi cepat terkenal sebagai tempat wisata dan akhirnya menjadi ramai dikunjungi dan mengurangi keindahan dan keaslian tempat tersebut. Lalu, apakah masih ada keindahan alam di Indonesia yang tersembunyi dan patut untuk kita coba kunjungi saat liburan semester nanti? Iniliah 5 pulau cantik di Indonesia yang masih belum banyak terekspos di media.

1. Cukang Taneuh

  
















Cukang Taneuh atau Green Canyon adalah salah satu objek wisata di Jawa Barat yang terletak di Desa Kertayasa Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis ± 31 km dari Pangandaran. Objek wisata ini merupakan aliran sungai Cijulang yang menembus gua dengan stalaktit dan stalaknit yang mempesona serta diapit oleh dua bukit dengan bebatuan dan rimbunnya pepohonan menyajikan atraksi alam yang khas dan menantang.

Di mulut gua terdapat air terjun Palatar sehingga suasana di objek wisata ini terasa begitu sejuk. Kegiatan yang dapat dilakukan diantaranya panjat Tebing, berenang, bersampan sambil memancing. Untuk mencapai lokasi ini wisatawan dapat menggunakan perahu yang banyak tersedia di Dermaga Ciseureuh, baik perahu tempel maupun perahu kayuh. Objek wisata ini berdekatan degan objek wisata Batukaras serta Bandar Udara Nusawiru.  

2. Goa Gong
Goa Gong terletak di Desa Bomo, Kecamatan Punung, Pacitan, sekitar 30 kilometer dari Kota Pacitan. Jika ingin menyingkat waktu, perjalanan ke goa tersebut dapat ditempuh melewati jalur utara, melalui Jalan Pacitan-Pringkuku. Goa Gong diklaim sebagai goa terindah di Asia Tenggara. Di dalam gua ini Anda dapat menyaksikan berbagai macam tonjolan batuan (stalaktit/stalakmit) yang sangat menarik dan proses terjadinya secara alami.
3. Danau Gunung Tujuh
Danau Gunung Tujuh merupakan Danau yang terletak di Kabupaten Kerinci, Jambi. tepatnya di Desa Pelompek, Kecamatan Ayu Aro. Danau ini berada di kawasan Gunung Tujuh, sebuah gunung yang berada tepat di belakang Gunung Kerinci. Gunung Tujuh masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Kerinci Seblat yang merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO. Bagi pendaki gunung, Kerinci mungkin menjadi tujuan utama karena gunung tersebut merupakan gunung aktif tertinggi di Indonesia [3805 mdpl], namun bagi wisatawan yang ingin sekedar menikmati keindahan alam Kabupaten Kerinci, Danau Gunung Tujuh bisa menjadi pertimbangan sebagai tujuan wisata. selain memiliki panorama alam yang menakjubkan, jalur yang dilalui juga jauh lebih mudah daripada Gunung Kerinci. Danau Gunung Tujuh juga merupakan Danau tertinggi di Asia Tenggara, Danau ini berada di ketinggian 1.950 meter di atas permukaan laut. Dengan ketinggian hampir 2 kilometer dpl itu bisa dibayangkan betapa dinginnya air Danau Gunung Tujuh di pagi hari. Meskipun begitu, berendam di Danau Gunung Tujuh dengan air yang sangat dingin menjadi tantangan sendiri bagi para pendaki.

4. Danau Sentani


Danau Sentani adalah danau yang terletak di Papua Indonesia. Danau Sentani berada di bawah lereng Pegunungan Cagar Alam Cycloops yang memiliki luas sekitar 245.000 hektar. Danau ini terbentang antara Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura, Papua. Danau Sentani yang memiliki luas sekitar 9.360 hektar dan berada pada ketinggian 75 mdpl. Danau Sentani merupakan danau terbesar di Papua.

Di danau ini juga terdapat 21 buah pulau kecil menghiasi danau yang indah ini. Arti kata Sentani berarti "di sini kami tinggal dengan damai”. Nama Sentani sendiri pertama kali disebut oleh seorang Pendeta Kristen BL Bin ketika melaksanakan misionaris di wilayah danau ini pada tahun 1898.
  
5. Pulau Belitung

Pulau Belitung, Bangka Belitung Pulau indah, pemandangan unik pantai pasir putih asli dihiasi batu-batu granit yang artistik dan air laut sejernih kristal, dikelilingi oleh ratusan pulau-pulau kecil.
6. Kepulauan Derawan 


Kepulauan Derawan adalah sebuah kepulauan yang berada di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Di kepulauan ini terdapat sejumlah obyek wisata bahari menawan, salah satunya Taman Bawah Laut yang diminati wisatawan mancanegara terutama para penyelam kelas dunia. Di Kepulauan Derawan terdapat beberapa ekosistem pesisir dan pulau kecil yang sangat penting yaitu terumbu karang, padang lamun dan hutan bakau (hutan mangrove). Selain itu banyak spesies yang dilindungi berada di Kepulauan Derawan seperti penyu hijau, penyu sisik, paus, lumba-lumba,kima, ketam kelapa, duyung, ikan barakuda dan beberapa spesies lainnya.

Kepulauan Derawan telah dicalonkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 2005.

7. Pulau Dodola
Pulau Dodola adalah surga yang tersembunyi di bibir Samudera Pasifik. Pulau yang masuk dalam wilayah Kabupaten Morotai, Provinsi Maluku Utara ini memiliki panorama alam yang sangat indah untuk dilewatkan. Pulau Dodola sebenarnya terbagi menjadi dua yaitu Dodola Besar dan Dodola Kecil, namun keduanya hanya dipisahkan oleh laut dengan jarak hanya 500 meter saja. 1 hal yang pasti menjamin surga di Dodola adalah ketenangan dan kedamaiannya karena jauh dari kota besar dan pemukiman penduduk.

8. Pulau Adonara
Pulau Adonara adalah sebuah pulau yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara, tepatnya di sebelah timur Pulau Flores. Secara administratif, Pulau Adonara termasuk wilayah Kabupaten Flores Timur. Meskipun sekarang wilayah ini sedang terlibat konflik, tetapi keindahan alam Pulau Adonara masih terjaga dengan baik. Pulau yang diapit oleh Selat Solor dan Selat Lowotobi ini memiliki beberapa pantai indah, contohnya Pantai Weiwerang dan Pantai Neren Watotena. Pantai ini masih terjaga keindahannya karena terletak jauh dari pusat kota, lalu pesona laut biru dan gugusan batu karang yang tersusun unik menambah kecantikannya.

9. Pulau Kadidiri
Pulau Kadidiri ini merupakan salah satu pulau yang tergabung dalam Taman Nasional Kepulauan Togean. Pulau cantik ini terletak di Teluk Tomini, dan secara administratif merupakan bagian dari Kabupaten Tojo Una-una, Provinsi Sulawesi Tengah. Pantai di Pulau Kadidiri ini sangat pas untuk kegiatan snorkeling dan menyelam, karena selain pasir pantainya yang putih, warna biru cerah air laut dan kecantikan terumbu karangnya juga mengajak wisatawan untuk menjelajahinya.

10. Pulau Lihukan
Pulau yang termasuk dalam Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi primadona di kawasan bagian selatan Pulau Sulawesi. Pasir putih yang menghampar, laut yang bersih, dan terumbu karang indah menjadikan pantai di Pulau Lihukan ini menjadi seperti surga yang jatuh ke Bumi. Pulau Lihukan ini dapat dicapai dengan menyewa perahu motor yang berada di ujung Jalan Kapongkolang di kawasan Pantai Bira.

11. Pulau Wetar
Pulau Wetar yang terletak di Laut Banda merupakan pulau yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Meskipun letaknya cukup terluar, namun bukan berarti kecantikannya pun tidak terdeteksi. Pulau Wetar merupakan bagian dari wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya, Provinsi Maluku. Selain kaya akan hasil tambang yang melimpah seperti emas dan tembaga, pulau ini memiliki banyak pantai cantik nan eksotis.
Masih bimbang untuk menentukan tempat wisata pilihan untuk liburan? Masih banyak tempat di Indonesia yang bisa dikunjungi daripada harus jauh-jauh ke luar negeri. Tempat-tempat indah ini menunjukkan bahwa betapa indahnya alam Indonesia ini yang tak kalah indah dengan negara lain.