Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan

Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan (Terbaru 2013)
Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan, Info kesehatan 2013, Tips Sehat Alami


Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan - Rahasia Manfaat buah Sirsak bagi kesehatan tubuh - Informasi yang akan saya bagikan pada kesempatan kali ini akan menyangkut dengan Informasi Dunia Kesehatan. Kesehatan mungkin akan sangat diutamakan dalam kehidupan keseharian kita selama ini. karena dengan kita berhidup sehat. tubuh/badan kita akan terjaga dari sumber berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh kita secara tidak di sadari kapan datangnya penyakit itu.

Berbicara tentang kesehatan, ada salah satu informasi dari berbagai sumber mengenai berbagai macam manfaat di salah satu buah yang sudah sering kita ketahui, dikenal, dan mungkin pernah kita coba selama ini. Buah Sirsak, ya itu dia. buah sirsak. Buah Sirsak merupakan buah yang mempunyai kandungan vitamin yang sangat tinggi untuk dikonsumsi bagi kesehatan tubuh kita. Buah sirsak ini tidak diragukan lagi untuk di coba, Buah Sirsak atau di sebut dalam bahasa latinnya dengan "Annona Muricata L" adalah semacam buah yang berasal dari daerah di kawasan benua amerika khususnya di Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Buah ini tumbuh hampir tumbuh subur di seluruh kawasan negara Indonesia ini. 

Beberapa orang di berbagai daerah banyak menyebutnya dengan berbagai macam nama seperti nama : Nangka Sebrang, namgka Landa (di daerah jawa) , Srikaya ( di daerah bali), nangka walanda, sirsak (di daerah Sunda), nangka buris (di daerah madura), deureuyan belanda( di daerah Aceh), durio ulondro (di daerah Nias), durian Betawi(di daerah minangkabau) dan masih banyak lagi sebutan-sebutan nama bagi buah sirsak di setiap daerahnya masing-masing. asal mu asal buah sirsak terkenal di Indonesia berasal dari bahasa belanda yaitu dengan sebutan "Zuurzak" yang artinga kantong asam. awal mulanya buah sirsak ada di Indonesia di bawa oleh para Kolonial Belanda sekita periode abad ke-19 dan alhamdulilah berkembang serta kita bisa rasakan enaknya buah sirsak itu sampai dengan sekarang.

Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan/Kekuatan Tubuh  

Berbica mengenai manfaat dari buah Sirsak menurut Riset yang pernah di teliti dari berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh para pakar-pakar kesehatan di Dunia/Indonesia/Dinas Kesehatan, bahwa buah sirsak terdiri dari 67,5% merupakan daging buah, 20% merupakan kulit, 8,5% biji dan 4% batang buah. dan berikut diantaranya Informasi mengenai Kandungan dan jumlah buah Sirsak yang saya sediakan datanya dalam tabel dibawah ini :


KANDUNGAN DAN JUMLAH BUAH SIRSAK (Per 100 gr)
Kandungan
Jumlah
Kandungan
Jumlah
Energi
65 kkal
Besi
0,6 mg
Protein
1,0 g
Vitamin A
10 SI
lemak
0,3 g
Viatamin B1
0,07 mg
karbohidrat
16,3 g
Vitamin B2
0,04 mg
kalsium
14 mg
Vitamin C
20 mg
fosfor
27 mg
Niacin
0,70 mg
Air
81,7 g
Serat
2.00

dan dibawah ini adalah beberapa manfaat dari buah Sirsak bagi kesehatan tubuh kita


1. Vitamin C
  • Dimulai dari manfaat Vitamin dari buah Sirsak : Vitamin C adalah vitamin yang sangat mendominasi buah sirsak, tanpa penelitian dapat diketahui karena rasanya yang masam. Namun hsil Riset dalam penelitian menyebutkan sebanyak 20 mg per 100 gram daging buah dan semuanya merupakan mengandung vitamin c. Kandungan vitamin ini dapat digunakan sebagai peningkatan daya tahan tubuh dan peroses awet muda, sebab kandungan antioksidan dalam vitamin  cukup tinggi. Dalam tubuh manusia dibutuhkan sedikitnya 60mg vitamin C setiap hari sehingga dukup mengonsumsi 300gram buah sirsak, kebutuhan vitamin C terpenuhi.
2. Mineral
  • Kedua adalah Mineral : Terdapat banyak sekali kandungan Mineral dalam Buah Sirsak, namun mineral ini lebih dominan pada fosfor dan kalsium sebasar 27 dan 14 mg/100 g. Bagi kesehatan kandungan ini dapat membantu pertumbuhan tulang dan memperkuat tulang sehingga menghambat osteoporosis tau istilah umumnya (Keropos Tulang) di usia Tua nanti.
3. Karbohidrat
  • Ketiga yaitu karbohodrat: Selain air terdapat juga karbohidrat dalam sirsak. Karbohidrat tersebut berjenis gula pereduksi atau glukosa dan fruktosa berkadar 81,9 – 93,6 persen dari jumlah total gula.
4.Kandungan lemak
  • Keempat yaitu Lemak : di dalam isi Buah Sirsak terdapat kandungan Lemak sebesar 0,3 g/100 g. Dalam jumlah kandungan buah sirsak yang sedikit tentunya sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.

5. Natrium dan Kalium
  • Kelima yaitu natrium dan kalium : Dalam buah juga terdapat natrium (sodium) sebesar 14 mg/100 g dan kalium (potasium) yang cukup tinggi 278 mg/l00 g sehingga manfaat buah sirsak dapat mencegahan penyakit hipertensi.
6. Kaya akan serat

Keenam didalam buah sirsak juga terdapat banyak Serat yang  diantaranya:
  • Serat pangan (dietary fiber) sebanyak 3,3g/ 100 g. Sehingga mengkonsumsi buah sebanyak 100g dapat menggantikan serat pangan sebanyak 13% perharinya,
  • Senyawa fitokimia, senyawa ini mampu mengobati berbagai macam penyakit seperti; batu empedu, asam urat, sembelit (susah uang air besar), dan menambah nafsu makan.
7. Sari Buah
  • yang terakhir manfaat ketujuh : Manfaat buah sirsak dapat juga digunakan dibuat jus untuk diambil sari buahnya. Sari buah ini dapat digunakan sebagai meningkatkan selera makan yang biasa terjadi pada anak-anak. Dan mengobati pinggang pegal dan nyeri, Penyakit wasir, dan lain sebagainya. sehingga kesehatan tubuh kita selalu terjaga kesetabilannya, dan terhindar dari berbagai penyakit. 

Mungkin hanya itu yang bisa saya Informasikan mengenai Dunia kesehatan tentang Manfaat Buah Sirsak bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat