Info Penyakit Ginjal: Gejala, Pencegahan, serta Cara Pengobatannya

INFO Penyakit Ginjal: Gejala, Pencegahan, serta cara Pengobatannya 
Penyakit Ginjal



Info Penyakit Ginjal: Gejala, Pencegahan, serta cara Pengobatannya  - Penyakit ginjal - pencegahan Penyakit Ginjal - kali ini saya akan membagikan sebuah informasi mengenai yang berhubungan dengan kesehatan  pembahasan yang akan saya bahas pada pertemuan tentang kesehatan kali ini yaitu Penyakit Ginjal. mungkin kita sering mendengar apa itu penyakit ginjal. penyakit ginjal biasanya ada di dalam bagian perut kita. penyakit ginjal pun di bedakan menjadi 2 macam diantaranya yaitu ginjal akut dan penyakit ginjal kronik, apa yang membedakan diantara keduanya tersebut? dan ada pula yang dinamakan dengan gagal ginjal, apa gagal ginjal itu pula? dan bagaimana kita bisa mengenali gejala gangguan ginjal, serta bagaimana pencegahan dan pengobatan gagal ginjal tersebut? mungkin dari beberapa pertanyaan di atas akan saya jelaskan pada penjelasan dibawah ini.

Penjelasan Penyakit Ginjal

hal pertama yang akan saya bahas yaitu mengenai Penjelasan Penyakit ginjal itu sendiri, ginjal bekerja membuang sampah sisa motabolisma yang terjadi pada tubuh manusia. Juga secara sistematis membuang cairan yang berlebihan dari tubuh sebanyak 750 ml – 1500 ml perhari. Bila ginjal tidak berfungsi, atau dalam dunia kedokteran disebut  sebagai gagal ginjal, sisa metabolisma yang tidak dikeluarkan tubuh akan menjadi racun bagi tubuh kita  sendiri. Racun ini, lanjutnya akan menimbulkan keluhan mual, muntah, sakit kepala hebat sampai penurunan kesadaran. Cairan yang tidak bisa keluar dari tubuh akan menyebabkan terjadinya penumpukan cairan di seluruh rongga tubuh sehingga terjadi sembab dan sesak nafas. Bila tidak diatasi segera orang yang mengalami gagal ginjal akan menemui kematian.

Menurut kejadianya gagal ginjal dapat dibagi atas gagal ginjal akut yang timbul secara tiba-tiba dalam hitungan hari dan minggu. Sedangkan gagal ginjal kronik timbul perlahan secara menahun. Gagal ginjal akut jika dilakukan pengobatan yang tepat, akan dapat disembuhkan. Sedangkan gagal ginjal kronik tidak dapat disembuhkan, dan harus menjalani pengobatan seumur hidup. Penyebab gagal ginjal akut  dapat disebabkan oleh peristiwa yang terjadi secara akut seperti penyumbatan total saluran ginjal oleh batu, kekurangan cairan pada diare yang tidak diatasi segera dan kekurangan darah pada orang luka dan operasi, infeksi berat serta keracunan obat dan Zat Kimia tertentu. Bila tidak ditangani dengan baik gagal ginjal akut ini akan berubah menjadi gagal ginjal kronik yang permanen.

Gejala / Tanda-tanda timbulnya Penyakit Gagal Ginjal

penjelasan kedua yaitu gejala atau Tanda-tanda timbulnya gagal ginjal yang diantaranya adalah sebagai berikut: nyeri pinggang  yang amat sangat sakit, bengkak mata, bengkak kaki, saat kencing sakit, demam, kencing sedikit, kencing merah (ada darah), sering kencingGejala gagal ginjal kronik antara lain : mual, muntah, bengkak-bengkak, lemas, tidak ada tenaga,  nafsu makan berkurang, , kencing berkurang, gatal, sesak napas, wajah pucat /anemia. Kelainan urin: ada protein, eritrosit, lekosit dalam urine.  

Penyakit Ginjal


Pengobatan pada Penyakit Ginjal

Penjelasan yang ketiga yaitu Cara pengobatan pada Penyakit Ginjal itu sendiri. Pada intinya, Tujuan pengobatan adalah untuk mengendalikan gejala, meminimalkan komplikasi dan memperlambat perkembangan penyakit. Bila diketahui penyebabnya adalah dampak penyakit lain, maka dokter akan memberikan obat-obatan atau therapy untuk mengobati penyakit tsb,  misalnya pemberian obat untuk pengobatan hipertensi, anemia atau mungkin kolesterol yang tinggi. Pengobatan gagal ginjal dimulai dengan pembatasan cairan. Selain itu mengurangi makanan yang mengandung protein, garam dan fosfat. Bila tidak dapat diatasi secara konservatif, maka harus dilakukan cuci darah. Pada gagal ginjal kronik , umumnya harus dilakukan cuci darah seumur hidup atau menjalani transplantasi ginjal.


Pencegahan Penyakit Gangguan Ginjal

Penjelasan yang ke empat (4) yaitu mengenai Pencegahan penyakit gagal ginjal, adapaun pencegahannya dapat dilakukan antara lainnya adalah.  Bila kita menderita diabetes atau hipertensi, harus ditangani dan dikendalikan dengan seksama. Bila terdapat batu ginjal harus dikeluarkan dengan segera. Bila sering terjadi infeksi ginjal harus diobati dengan tepat. Sebaiknya tidak menggunakan obat semaunya, karena bannyak sekali obat yang diketahui merusak ginjal ,termasuk obat anti sakit dan obat rematik serta jamu-jamuan yang biasa dijual bebas di warung-warung. Lakukan gaya hidup sehat , makan makanan dengan gizi seimbang, menjaga berat badan ideal ,  tidak mengkonsumsi alkohol, diet sodium, menghindari asupan asam lemak jenuh dan kolesterol, mengatur asupan kalium dan magnesium, meningkatkan aktivitas fisik dan hindari rokok.


Obat Alami Mengatasi Gangguan Ginjal 

Resep 1 

Bahan :
  • 15 gr daun Sukun kering,   + 1 gelas air mendidih, madu atau gula batu secukupnya.
Cara membuat :
  • Seduh bahan tersebut diatas, gunakan periuk tanah atau panci kaca.  Saring, setelah dingin dan bila  perlu campurkan Madu atau Gula Batu. Minum ramuan ini dua kali dalam sehari, selama sepuluh hari.
  • Dan selama mengkonsumsi ramuan ini, dilarang keras mengkonsumsi sayur bayam, daun singkong, daging merah, jeroan dan kangkung.
Resep 2

Bahan :
  • 1 rimpang Temulawak +  1 genggam daun Kumis Kucing segar + 1 genggam daun Meniran segar +  4 gelas air
  • Gula Aren secukupnya
Cara membuat :

Setelah semua bahan-bahan tersebut dicuci, rebus  dalam periuk tanah atau panci kaca hingga air tersisa separuhnya. Setelah dingin saring dan minum 3 kali dalam sehari. Untuk penambah rasa tambahkan gula Aren atau madu  sesuai selera anda.

Resep 3 :

Bahannya :
  • 60 gr Kumis Kucing segar (daun dan batangnya)
  • 30 gr daun Sendok segar
  • 30 gr Rumput Mutiara segar
  • 800 cc air
Cara membuatnya :

Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum ramuan tersebut 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 4 :

Bahannya :
  • 30 gr Meniran segar (daun, batang dan akarnya)  +  60 gr akar alang-alang segar +  30 gr Pegagan segar
  • 800 cc air
Cara membuat :

Cuci bersih semua bahan, dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari, masing-masing 150 cc.

Resep 5:

Bahannya :
  • 20 gr Sambiloto segar (batang dan daunnya) +  60 gr Krokot segar (berikut dengan akarnya) +  60 gr rambut Jagung segar
  • 800 cc air
Cara membuatnya :

Cuci bersih semua bahan dan rebus hingga air tersisa 450 cc. Saring dan minum 3 kali sehari masing-masing 150 cc.


Obat Alami Batu Ginjal

Resep 1 

Bahannya :
  • 4 tongkol Jagung muda +  1 genggam rambut Jagung +  8 helai daun Keji Beling segar
  • 1 gelas air
Cara membuatnya :

Cuci semua bahandan rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum selama 14 hari berturut-turut. Setelah batu keluar, apakah berupa butiran maupun buih, maka pengobatan harus dihentikan.

Resep 2

Bahannya :
  • 30 gr daun Meniran segar + 30 gr daun Kumis Kucing segar
  • 1 gelas air mendidih
Cara membuatnya :

Setelah dicuci bersih, seduh kedua bahan tadi. Biarkan sampai dingin, saring dan minum. Lakukan selama 5 hari berturut-turut


Obat Herbal Radang Ginjal

Bahannya :
  • 60-120 gr akar Alang-alang segar
  • 3 gelas air
Cara membuatnya :

Cuci bersih dan potong-potong seperlunya, kemudian rebus hingga air tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan bagi menjadi 3 bagian untuk 3 kali minum dalam sehari.

Obat Herbal Batu Empedu

Bahannya :
  • 5 tongkol Jagung muda
  • 5 gr daun Kumis Kucing segar
  • 1 gelas air
Cara membuatnya :

Setelah semua bahannya dicuci bersih, rebus sampai mendidih. Setelah dingin, saring dan minum sekali dalam sehari selama 14 hari berturut-turut.


Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan mengenai informasi kesehatan seputar Info Penyakit Ginjal: Gejala, Pencegahan, serta cara Pengobatannya , semoga info kesehatan diatas mengenai Penyakit Ginjal serta cara pencegahannya. bisa membantu dan bermanfaat untuk anda semuanya.