Contoh Surat Lamaran Kerja yang Baik dan Benar Terbaru 2013

Contoh Surat Lamaran Kerja. Sebelumnya saya telah menulis artikel tentang contoh surat pengunduran diri, bagi kalian yang ingin keluar dari perusahaan tempat kalian bekerja, dan saat ini mungkin kalian ingin mencari pekerjaan baru dengan harapan lebih baik dari pekerjaan sebelumnya atau kalian baru saja lulus dari jenjang pendidikan. Maka yang kalian butuhkan adalah surat lamaran kerja. Lantas bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik?. silahkan disimak lebih lanjut.

Surat lamaran kerja merupakan faktor utama yang sangat penting dalam keberhasilan kalian untuk mencari kerja. Pasalnya sebelum kalian bertemu dengan pimpinan perusahaan, surat inilah yang mewakili kalian, dan tentunya kalian tidak ingin di wakili oleh surat yang kurang baik bukan?.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Surat lamaran kerja yang baik akan memberikan kalian peluang untuk mendapatkan perhatian dari pemimpin perusahaan untuk panggilan interview. Berikut beberapa hal yang harus kalian perhatikan dalam menulis surat lamaran kerja yang baik.


1. Data pribadi

  • Nama Lengkap
  • Tempat dan Tanggal Lahir
  • Alamat
  • Telepon / HP
  • E-mail (tidak wajib)
  • Status Perkawinan

Untuk point telpon atau nomer hp kalian wajib untuk mengisinya, karne noemr telpon inilah yang di gunakan oleh perusahaan untuk menghunbungi kalian jika ada panggilan interview. Nmaun jika kalian tidak memilikinya disarankan untuk menggunakan nomer telpon kerabat, sahabat, atau orang terdekat kalian.

2. Pendidikan
Pendidikan formal misalnya SD/SMP/SMA/Akademi/S1, dsb.
Pendidikan non formal seperti halnya kursus atau pelatihan yang pernah anda ikuti.

3. Pengalaman bekerja
Jika kalian memiliki pengalaman kerja ada baiknya sebutkan dalam surat lamaran kerja yang kalian buat. namun jika kalian belum memiliki pengalaman kerja sebaiknya sebutkan kemampuan kalian dalam bidang kerja yang ingin kalian lamar, hal ini akan menjadi pertimabangan bagi perusahaan.

4. Lampiran Surat Lamaran Pekerjaan

  • Daftar Riwayat Hidup atau CV (Curriculum Vitae) atau Resume
  • Foto copy Ijazah terakhir
  • Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  • Pas Foto terbaru
  • Surat Keterangan Catatan Kepolisian (tidak wajib)
  • Surat Keterangan Kesehatan dari Dokter (tidak wajib)

Lampiran berfungsi untuk mempertegas surat lamaran kerja yang kalian kirim selain itu seperti halnya pengalaman kerja lampiran juga dapat berfungsi sebagai bahan pertimbangan bagi perusahaan untuk menerima kalian sebagai karyawan.

Nah itulaha beberapa hal yang perlu di perhatikan dalam membuat Surat lamaran kerja yang baik, sebagai bahan refrensi dalam membuat surat lamaran kerja berikut saya berikan beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang baik dan benar.

Contoh Surat Lamaran Perkerjaan :


Hal : Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth.,
Manajer Sumber Daya Manusia
PT. Mutiara Persada
Jl. Lamongrejo No 45 Lamongan
Lamongan.


Dengan hormat,

Bpk. Rudy Setyawan, seorang asisten di PT. Mutiara Persada, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan dan penambahan tenaga di Departement Marketing PT. Mutiara Persada.
Sehubungan dengan hal tersebut, dengan ini perkenankan saya mengajukan diri untuk bergabung serta menjadi bagian dalam rencana pengembangan PT. Mutiara Persada tersebut.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :
Nama : ......................................
Tempat & tgl. lahir : ......................................
Pendidikan Akhir : ......................................
Alamat : ......................................
Telepon (HP) : ......................................
e-mail : ......................................
Status Perkawinan : ...................................... (single/nikah)

Saat ini saya bekerja di PT. hisup Sejahtera, sebagai staf Marketing, dengan fokus utama pekerjaan di bidang promosi.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

Daftar Riwayat Hidup.
Foto copy ijazah S-1.
Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,


Ahmad Fahmi

Contoh Surat Lamaran Kerja


Lamongan, 25 Desember 2012
Hal: Lamaran Pekerjaan
Kepada Yth,
Bapak / Ibu Pimpinan
PT.Segar Jaya

Dengan hormat,

Sesuai dengan penawaran lowongan pekerjaan dari PT.Segar Jaya, seperti yang termuat dari harian Jawa Pos pada tanggal 22 Desember 2012. Saya mengajukan diri untuk bergabung ke dalam Tim Marketing di PT. Segar Jaya sebagai berikut:
Nama : ..........................
Tempat & tgl. Lahir : .......................
Pendidikan Akhir : ......................
Alamat : .....................
HP : ......................
Email : ...........................
Status Perkawinan : ..........................(single/nikah)

Saat ini saya bekerja sebagai staff di PT. Segar Abadi, Saya senang untuk belajar, dan dapat bekerja secara mandiri maupun dalam tim dengan baik.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Daftar Riwayat Hidup.
2. Foto copy ijazah S-1.
3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan.
4. Pas foto terbaru.

Besar harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.

Hormat saya,

Ahmad Fahmi

Contoh Surat Lamaran Kerja Bahasa Inggris


Lamongan, December 25, 2012

To : Resources Department Manager
PT. Mangan Kesumo
Jl. Kertajaya No. 200
Surabaya


Dear Sir,

I wish to apply for the position of Accounting Staff that was advertised on Jawa Pos, December 22, 2012.

I have over one year experience as an Accounting with PT. Maju Senotosa and have experience of a wide variety of pattern techniques. My computer skills are very good, and I have an excellent record as a reliable, productive employee.

I am looking for new challenges and the posistion of Accounting Staff sounds the perfect opportunity. Your organisation has an enviable record innovation in investor financial cosultant, and an excellent reputation as an employer, making the position even more attractive.

I enclose my CV for your inspection and look forward to hearing from you soon. I am available for interview at your convenience


Sincerely yours,


Ahmad Fahmi


Nah demikianlah Contoh Surat Lamaran Kerja yang bisa saya berikan disini, selain surat lamaran kerja yang tak kalah penting dalam melamar pekerjaan adalah contoh cv atau daftar riwayat hidup yang akan saya berikan pada artikel selanjutnya. ok semoga dengan membaca artikel ini kalian dapat membuat surat lamaran pekerjaan dan nantininya kalian bisa mendapat pekerjaan yang kalian inginkan. semoga bermanfaat, Salam.

Rating : 5