Berkat Semangka Kulit Makin Segar

Kandungan airnya sangat tinggi, rasanya manis dan menyegarkan. Tak heran kalau semangka jadi buah favorit banyak orang. Selain mengkonsumsinya, Anda juga bisa memanfaatkan kesegaran semangka untuk mempercantik kulit.
Setelah memakan daging buahnya yang berwarna merah, lapisan putih di kulit buahnya Anda bisa aplikasikan pada wajah. Terdapat senyawa pelembab alami yang sangat baik untuk kulit kering. Buah segar satu ini sangat pas dijadikan 'sahabat' kulit, karena berbagai manfaat berikut.

Toner/penyegar alami
Air yang terkandung di dalam buah berwarna merah ini merupakan zat alami yang mampu melembabkan kulit. Saat mengaplikasikan kulit semangka, berikan pijatan secara perlahan. Anda juga bisa mencampurnya dengan sedikit madu. Jangan hanya pada wajah, pijat juga bagian leher dengan kulit semangka.

Mencegah penuaan
Semangka kaya akan kandungan likopen, vitamin C dan A. Radikal bebas dalam tubuh dapat menyebabkan garis-garis halus, keriput dan bintik-bintik tanda penuaan muncul. Sedangkan, antioksidan yang terkandung dalam semangka dapat mengurangi radikal bebas dari tubuh dan mencegah semua tanda-tanda penuaan kulit.

Anda dapat juga mengolah daging buah semangka jadi masker. Hancurkan dengan sendok, lalu campur dengan sedikit minyak zaitun. Aplikasikan pada kulit wajah dan diamkan selama sekitar 15 menit.

Obat jerawat
Memijat kulit dengan semangka setiap hari adalah obat alami untuk menyembuhkan jerawat. Jika Anda rentan terhadap jerawat, gunakan semangka sebagai masker pengusir jerawat.

Cukup oleskan air semangka menggunakan kapas pada area wajah yang berjerawat. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air dingin. Konsumsi juga semangka secara teratur untuk hasil maksimal.