Kamera DSLR Terbaik 2013

Kamera refleks lensa tunggal‎ (bahasa Inggris: Single-lens reflex (SLR) camera) adalah kamera yang menggunakan sistem jajaran lensa jalur tunggal untuk melewatkan berkas cahaya menuju ke dua tempat, yaitu Focal Plane dan Viewfinder, sehingga memungkinkan fotografer untuk dapat melihat objek melalui kamera yang sama persis seperti hasil fotonya. Hal ini berbeda dengan kamera non-SLR, dimana pandangan yang terlihat di viewfinder bisa jadi berbeda dengan apa yang ditangkap di film, karena kamera jenis ini menggunakan jajaran lensa ganda, 1 untuk melewatkan berkas cahaya ke Viewfinder, dan jajaran lensa yang lain untuk melewatkan berkas cahaya ke Focal Plane.

Kamera SLR menggunakan pentaprisma yang ditempatkan di atas jalur optikal melalui lensa ke lempengan film. Cahaya yang masuk kemudian dipantulkan ke atas oleh kaca cermin pantul dan mengenai pentaprisma. Pentaprisma kemudian memantulkan cahaya beberapa kali hingga mengenai jendela bidik. Saat tombol dilepaskan, kaca membuka jalan bagi cahaya sehingga cahaya dapat langsung mengenai film.  

Simak dulu rumor panas berikut ini, baik dari kubu Canon maupun Nikon yang kemungkinan besar akan meluncurkan kamera DSLR baru di tahun 2013. Kita tahu bahwa regenerasi rutin biasa dilakukan para produsen, dan kita juga bisa menebak produk apa saja yang dibuat tahun 2010-2011 yang akan digantikan nanti. Tidak sulit, misalnya EOS 60D atau Nikon D7000 kan sudah cukup lama, meski keduanya sangat populer sampai saat ini.

Langsung saja, kita lihat dari kubu Canon :

Penerus EOS 60D
EOS 60D adalah kamera kelas menengah yang laku keras karena harganya yang relatif murah. Produk ini punya ciri layar LCD lipat yang sama seperti di EOS 600D/650D. Rumor yang berkembang akan hadir EOS 70D dengan sensor APS-C  24MP baru, layar lipat 3 inci yang bisa disentuh dan ISO 25.600.  Tidak ada info soal titik fokus, maka anggap saja masih tetap 9 titik dengan seluruhnya cross type.

Penerus EOS 7D
Bagi yang mengagumi ketangguhan bodi EOS 50D, maka penerus sesungguhnya dari EOS 50D adalah EOS 7D yang duduk di kelas APS-C terbaik Canon saat ini. Tak perlu banyak perbaikan, Canon kemungkinan hanya akan memberi label mark II pada EOS 7D ini. Nah, rumornya EOS 7D mark II akan memberi sensor 24 MP dan kecepatan tembak hingga 10 foto per detik, dan ISO normalnya mencapai ISO 25.600. Soal titik fokus besar kemungkinan masih sama dengan 7D.

Varian lain dari EOS 1D X
Bagi para profesional yang memakai DSLR full frame, hadirnya EOS 1D X dengan sensor 18 MP memang sudah sangat mencukupi meski kemudian situasi jadi runyam saat ada saingan berat dari Nikon D800 dengan sensor 36 MP. Rumornya Canon tahun ini akan meluncurkan varian lain dari EOS 1D X yang bernama EOS 1D SX dengan sensor tinggi sekitar 40 MP atau lebih, mendekati teritori dari kamera medium format.

Penerus EOS M
EOS M menjadi kamera mirrorless Canon pertama yang tentu perlu beberapa perbaikan untuk bisa menyamai kamera serupa dari merk lain. Tak heran kalau Canon semestinya akan membuat EOS M2 yang paling tidak akan memperbaiki kinerja auto fokusnya yang cukup mengcewakan.

Tentang DSLR pemula Canon

Tidak ada rumor penerus EOS 1100D, sedangkan tahun 2013 ini tampaknya Canon belum akan membuat penerus EOS 650D yang masih relatif baru.

Sedangkan dari kubu Nikon :

Penerus D7000
Tentu saja logika kita akan berkata D7100 adalah nama penerus dari D7000, tapi rumornya Nikon akan melewatkan angka 100 dan langsung memberi nama Nikon D7200 sebagai penerus D7000 (mungkin supaya sama dengan D3200 dan D5200). Apapun namanya nanti, kamera penerus D7000 ini diprediksi akan memakai sensor APS-C 24MP, sedangkan hal-hal lain tidak banyak perubahan. Bila benar bedanya hanya dalam soal sensor sepertinya tidak ada alasan kuat bagi pemilik D7000 untuk upgrade, tapi kita tunggu saja..

Penerus D300s
Kepastian apakah Nikon akan membuat kelanjutan dari kamera DSLR kasta tertinggi di kelas APS-C yaitu D300s belum juga bisa dijawab. Di satu sisi D7000 sudah mencukupi untuk kebutuhan semi-pro dan untuk kualitas lebih baik Nikon ada D600. Tapi rumor yang beredar menyatakan kalau Nikon kemungkinan akan membuat penerus D300s dengan nama Nikon D9000 yang uniknya memakai sensor 16 MP saja, tapi tanpa low pass filter. Nah ini artinya D9000 akan sangat tajam dan cocok buat landscape. Aspek lain diduga akan sama seperti D300s seperti jumlah titik fokusnya tetap 51 titik.

Penerus D4
Nikon D4 menjadi flagship DSLR Nikon di kelas full frame dan sepertinya sudah tidak banyak yang bisa disempurnakan lagi. Tapi kita tunggu saja kemungkinan hadirnya Nikon D4x yang akan menambahkan resolusi sensornya sehingga bisa menyamai si adiknya yaitu D800.

Penerus Nikon 1 V2
Nikon 1 adalah format mirrorless dari Nikon dan seri V2 adalah seri tertinggi di segmen ini. Rumornya akan hadir Nikon 1 V3 yang entah apanya lagi yang akan ditingkatkan. Rumor yang menarik di kancah Nikon 1 ini justru rencana kehadiran Nikon 1 S (Nikon 1 murah meriah) yang simpel tapi hasil fotonya lebih bagus (bila dibandingkan dengan kamera saku).

Tentang DSLR pemula dan full frame Nikon

Tidak heran kalau tak ada rumor tentang penerus D3200 apalagi D5200 di segmen pemula karena keduanya masih sangat baru, demikian juga dengan D600 dan D800 di kelas hobi serius (baca : full frame).

Jadi tampaknya tahun ini Canon dan Nikon akan sama-sama menggebrak pasar dengan persaingan head-to-head :
  • Canon 70D vs Nikon D7200
  • Canon 7D mk II vs Nikon D9000
  • Canon 1D SX vs Nikon D4x
  • Canon EOS M2 vs Nikon 1 V3
Namanya juga rumor, belum tentu terbukti. Tapi head-to-head diatas tetap saja menarik untuk ditunggu.