Masalah cinta bisa turunkan kekebalan tubuh manusia

Merasa cemas dengan hubungan cinta Anda dengan dirinya? Studi terbaru membuktikan bahwa rasa cemas tentang hubungan cinta bisa membuat seseorang jatuh sakit - dengan merusak sistem kekebalan tubuh.
Para peneliti di Ohio Sate University melibatkan 85 pasangan yang telah menikah selama rata-rata lebih dari 12 tahun. Mereka yang mengalami kesengsaraan dalam hubungan percintaan memiliki kadar kortisol lebih tinggi - hormon yang berhubungan dengan stres dan peningkatan risiko penyakit - dibanding pasangan yang bahagia.
Sebagaimana dilansir Daily Mail, pasangan yang sering merasa cemas tentang hubungannya juga memiliki kecenderungan untuk terus mencari kepastian bahwa ia dicintai, dan lebih sering menafsirkan kejadian dalam hubungan cinta sebagai sesuatu yang negatif.
Para peserta juga diminta melaporkan gejala kecemasan yang sering mereka alami dan kualitas tidur mereka. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang sering mengalami rasa cemas memiliki sedikit T-sel, komponen penting dari pertahanan sistem kekebalan tubuh terhadap infeksi.