Hukuman Pemerkosaan di Berbagai Negara

Di berbagai belahan dunia, pasti ada yang namanya tindak kejahatan dan undang-ungang yang mengatur hukumannya. Pemerkosaan termasuk salah satu bentuk kejahatan yang paling keji yang dilakukan di muka bumi ini.


Pemerkosa memang seharusnya mendapat hukuman yang tak main-main. Namun, di setiap negara, hukuman yang diberikan berbeda-beda. Apa dan di mana saja? Mari kita simak beberapa Hukuman Pemerkosaan di Berbagai Negara:

1. Amerika Serikat

Laporan pemerkosaan di Amerika Serikat kebanyakan hanya kasus-kasus yang dilakukan oleh laki-laki terhadap perempuan. Masing-masing negara bagian pun memperluas definisi ini secara independen. Pemerkosaan oleh laki-laki terhadap sejenisnya biasanya diakui sama seperti pemerkosaan terhadap perempuan.

Sedangkan hukuman untuk tindak perkosaan, di Amerika dibagi berdasarkan jenis kasusnya dan akibat yang ditimbulkan. Ada yang melakukannya dengan membius korban, ada pula yang korbannya anak di bawa umur. Masing-masing sudah diatur dalam hukum pemerintah Amerika. 

2. Inggris

Berdasarkan Undang-undang Pelanggaran Seksual 2003, yang mulai diberlakukan sejak April 2004, pemerkosaan di Inggris dan Wales telah diperluas artinya dari hubungan vaginal atau anal tanpa persetujuan pihak yang lain, kini menjadi penetrasi penis ke dalam vagina, anus ataupun mulut orang lain tanpa persetujuan orang tersebut.

Perubahan ini tentu saja berpengaruh pada masa hukumannya. Kini, ancaman hukuman untuk kasus pemerkosaan maksimum adalah hukuman seumur hidup.

3. Skotlandia

Karena memang kejahatan yang satu ini sangatlah keji, pemerintah Skotlandia dengan tegas mengganjar hukuman seumur hidup bagi seseorang yang dilaporkan atau tertangkap memperkosa.

4. Swedia

Di negara ini, kasus pemerkosaan dibagi menjadi tiga jenis. Hukuman yang dijatuhkan untuk masing-masing jenis perkosaan juga berbeda-beda, seperti berikut ini:
  • Pemerkosaan berat, dengan hukuman 4-10 tahun penjara
  • Pemerkosaan biasa, dengan hukuman 2-4 tahun penjara
  • Pemerkosaan kecil, dengan hukuman 0-4 tahun penjara

5. Jerman

Untuk seorang pemerkosa, pemerintah Jerman telah menetapkan hukuman minimal dan maksimal, tergantung seberapa berat tindakan pelaku terhadap korban. Hukuman dua tahun hingga penjara seumur hidup, menghantui mereka yang berniat memperkosa seseorang.

6. Prancis

Jika negara lain memberi hukuman maksimal penjara seumur hidup, negara yang satu ini memilih memukul rata. Ganjaran 20 tahun penjara dirasa cukup untuk pemerkosaan jenis apapun.

7. Brasil

Sama seperti Prancis, negara yang satu ini juga tidak memberikan hukuman maksimal penjara seumur hidup. Kebijakan pemerintah Brazil malah mengganjar enam sampai sepuluh tahun penjara untuk para pelaku kejahatan keji, pemerkosaan ini.

8. Kanada

Setiap orang yang melakukan pemerkosaan tentu saja bersalah. Pelanggaran tersebut diatur dalam hukum Canada. Untuk pelaku, akan dituntut penjara seumur hidup atau hukuman mati. Sedangkan mereka yang melakukan percobaan perkosaan juga dikenakan hukuman tujuh tahun penjara.

9. Italia

Sama seperti di Brazil, kebijakan pemerintah Italia hanya mengganjar lima sampai sepuluh tahun penjara untuk para pelaku kejahatan keji, pemerkosaan ini. Seharusnya pemerintah bisa lebih peka lagi terhadap kasus-kasus sensitif seperti perkosaan ini.

10. Swiss

Negara yang satu ini juga tidak memberikan hukuman yang terlalu berat untuk palaku perkosaan. Mereka hanya mengganjar perbuatan jahat itu dengan sepuluh tahun penjara.